Rano Alfath Diadukan ke Badan Kehormatan DPRD Banten

Politik  SELASA, 13 JUNI 2017 , 15:57:00 WIB | LAPORAN:

Rano Alfath Diadukan ke Badan Kehormatan DPRD Banten

Khotibyani usai mengadukan Rano Alfath ke BK DPRD Provinsi Banten/Doni

RMOL. Anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten Rano Alfath diadukan ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Banten, Selasa (13/6/17). Rano dilaporkan karena diduga melanggar Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3.

Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tangerang Raya Khotibyani yang mengadukan Rano ke BK mengatakan, Rano diduga melanggar UU MD3 karena Rano saat ini menjadi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Banten. Menurutnya, terpilihnya Rano Alfath sebagai ketua KNPI Provinsi Banten diduga bertentangan dengan ketentuan Pasal 350 ayat (2) UU MD3.

"Saya datang ke Badan Kehormatan Dewan Provinsi Banten untuk melaporkan dugaan pelanggaran UU MD3 yang dilakukan oleh Rano Alfath," kata Khotibyani.

Khotibyani melanjutkan, Pasal itu dengan tegas menyatakan bahwa aggota DPRD provinsi dilarang melakukan pekerjaan sebagai pejabat struktural pada lembaga pendidikan swasta, akuntan publik, konsultan, advokat atau pengacara, notaris, dan pekerjaan lain yang ada hubungannya dengan wewenang dan tugas DPRD provinsi serta hak sebagai anggota DPRD provinsi.

"Rano Alfath adalah anggota komisi V di DPRD Provinsi Banten yang membidangi kepemudaan. Tentunya ini akan syarat kepentingan terhadap tugasnya sebagai anggota DPRD Provinsi Banten dengan jabatan Ketua KNPI Provinsi Banten. Artinya secara hukum Rano Alfath telah melanggar Undang Undang," ungkapnya.

Khotibyani berharap BK DPRD Provinsi Banten dapat segera memproses laporan yang dilayangkan untuk tegaknya aturan dan marwah lembaga legislatif.[Imn]

Komentar Pembaca
Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

JUM'AT, 01 DESEMBER 2017 , 15:00:00

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 17:00:00