Branding Pariwisata Jadi Terobosan dan Strategi Dongkrak Pariwisata

Pariwisata  RABU, 14 JUNI 2017 , 11:39:00 WIB

Branding Pariwisata Jadi Terobosan dan Strategi Dongkrak Pariwisata

Eneng Nurcahyati/Net

RMOL. Strategi branding pariwisata memiliki peran strategis untuk mendongkrak sektor pariwisata di Indonesia, khususnya di Banten. Melalui branding pariwisata Indonesia kini dapat menyaingi negara lain seperti Malaysia, Thailand dan India.

Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nudantara Hariyanto mengatakan bahwa dulu masyarakat Indonesia lebih mengenal branding negara lain seperti Malaysia, Thailand dan India. Namun saat ini branding Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia, masyarakat sudah sangat akrab dengan wisata yang ada di Indonesia.

Kita sosialisasikan secara bertahap. Kalau dulu belum mengenal branding negara kita dan Lebih mengenal branding negara lain, saat ini sudah berbalik. Woderful Indonesia sekarang sudah mengalahkan citra yang lain. Tahun 2017 ini Wonderful Indonesia sudah jauh menyalip Malaysia, Thailand dan India,” katanya saat membuka acara sosialisasi branding di Komplek Masjid Raya Albantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (13/6/2017).

Kondisi pariwisata saat ini, menurutnya, sudah menjadi ujung tombak devisa negara. Selain minyak, gas, dan karet, pariwisata selalu menunjukkan tren positif dalam pendapatan devisa negara,” katanya.

Khusus di Banten, menggunakan branding Exciting Banten memunculkan potensi pariwisata sangat banyak. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, bahkan wisata buatan ada di Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati melihat branding pariwisata oleh pemerintah pusat merupakan komitmen, loyalitas pemerintah pusat untuk mengembangkan pariwisata.

Ini tidak sekadar membranding harus memaknai dan berupaya mengembangkan daerah industri kreatif,” jelasnya.

Untuk memperkenalkan wisata di Banten, Eneng mengatakan bahwa telah terbentuk Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Banten. GenPi Banten merupakan provinsi ke-11 yang baru terbentu. Ini terobosan luar biasa untuk mensosialisasikan kebijakan pariwisata. Harus saling memberikan support,” kata Eneng.[Imn]

Komentar Pembaca
Ulama Doakan Gatot Jadi Presiden

Ulama Doakan Gatot Jadi Presiden

KAMIS, 22 JUNI 2017 , 19:00:00

Besok Ahok Dijebloskan Penjara

Besok Ahok Dijebloskan Penjara

RABU, 21 JUNI 2017 , 21:00:00

Tim TNI AD Diganjar MURI

Tim TNI AD Diganjar MURI

SELASA, 20 JUNI 2017 , 21:00:00

Peresmian Jawarah di Istana Wapres

Peresmian Jawarah di Istana Wapres

JUM'AT, 28 APRIL 2017 , 18:24:00

Pembagian Piala Lomba Baca Puisi

Pembagian Piala Lomba Baca Puisi

JUM'AT, 12 MEI 2017 , 14:33:00

Agus Sandjadirdja Raih Penghargaan PCNO

Agus Sandjadirdja Raih Penghargaan PCNO

JUM'AT, 28 APRIL 2017 , 16:34:00