Menjelang Lebaran Idul Fitri

Tradisi Unik Kampung Wisata Karodangan

Budaya  SABTU, 24 JUNI 2017 , 22:33:00 WIB

Tradisi Unik Kampung Wisata Karodangan

Tradisi menyembelih Kerbau di Kampung Wisata Karodangan/Deden

RMOL. Hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam merupakan hari kemenangan. Karena pada hari itu, semua umat Islam merasa gembira dan senang karena telah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh.

Umat Islam yang berpuasa selama Ramadhan dan merasa diampuni dosa-dosanya, dinilai sebagai manusia yang memperoleh kembali status kesucian, sesuai kondisi natural dirinya yang terlahirkan dalam keadaan suci.

Hari lebaran merupakan hari yang indah dan momentum baik untuk menjalin asih secara tulus. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyambut hari kemenangan ini, berdasarkan tradisi dan kultur daerah masing-masing. Salah satunya adalah tradisi Kampung Wisata Karodangan.

Di kampung wisata karodangan ada tradisi menarik dan unik dalam menyambut hari raya suci ini, yakni H-1 lebaran  masyarakat  menyembelih kerbau yang dibelinya (secara iuran bersama) warga red. ‘Ranjapan’.

Mastur, Ketua Kampung Wisata Karodangan melalui pesan WhatsApp menuturkan Tradisi Ranjapan ini sudah ada  sejak 50 tahun silam.

"Tradisi ini sudah berjalan secara turun temurun sejak lama, karenannya ini perlu dibudayakan dan dilestarikan keberadaannya, apalagi kampong Karodangan ini sudah ditetapkan menjadi menjadi kampung wisata,” tutur Mastur.

Kampung Wisata Karodangan diresmikan oleh walikota Serang sejak 18 Agustus 2016. Walikota Serang, Tubagus Haerul Jaman resmi menjadikan Kampung Karodangan, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang sebagai kampung wisata pada HUT RI ke-71.[Imn]

Komentar Pembaca
Akhirnya Program Ini Diresmikan

Akhirnya Program Ini Diresmikan

SABTU, 22 JULI 2017 , 21:00:00

PDIP Peringatkan Gatot

PDIP Peringatkan Gatot

JUM'AT, 21 JULI 2017 , 19:00:00

Tiongkok Harus Menghormati

Tiongkok Harus Menghormati

RABU, 19 JULI 2017 , 21:00:00