150 Ribu Wisatawan Kunjungi Pandeglang Selama Libur Lebaran

Pariwisata  RABU, 05 JULI 2017 , 18:56:00 WIB

150 Ribu Wisatawan Kunjungi Pandeglang Selama Libur Lebaran

Abdul Ghaffar, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang/Daday

RMOL. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pandeglang, mengklaim. Kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata yang ada di Pandeglang, pada libur lebaran tahun 2017 ini, mengalami peningkatan hingga mencapai 40 % dari tahun sebelumnya, dengan total kunjungan selama satu pekan, diperkirakan lebih dari 150 ribu wisatawan.

"Dari beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang ini, diperkirakan jumlah kunjungan wisatawan selama satu pekan libur Lebaran tahun ini, mengalami peningkatan hingga 40 % dari tahun sebelumnya. Salah satu contohnya di Pantai Pasir Putih saja, ada sekitar 21 ribu wisatawan yang berlibur, lalu di Pantai Matahari ada 14 ribu lebih wisatawan," jelas Kepala Dispar Pandeglang, Abdul Ghaffar, Rabu (5/7/2017).

Selain itu pun, Abdul Ghaffar juga mengatakan, bahwa peningkatan jumlah pengunjung, atau wisatawan ke Pandeglang, tidak hanya terjadi pada sejumlah obyek wisata pantai saja. Akan tetapi, kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata religi pun mengalami peningkatan, seperti halnya pengunjung ke Cikadueun, maupun Caringin, yang tercatat mencapai sekitar 18.000 pengunjung, selama satu pekan kemarin.

Kepala Dispar Pandeglang ini menegaskan, meningkatnya jumlah wisatawan ke wilayah wisata di Pandeglang, sangat berdampak positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga kontribusi PAD dari sektor wisata, saat ini sudah mencapai 60 % dari target sebesar realisasi Rp. 120 juta di tahun 2017 ini.

"Meningkatnya kunjungan ke sejumlah obyek wisata di Pandeglang ini, secara tidak langsung, telah berdampak positif pada target PAD yang telah ditentukan dari sektor kepariwisataan, di tahun 2017 ini, dengan sumber pendapatan, berasal dari obyek wisata Pantai Karang Sari, Carita, Pemandian Air Panas Cisolong, dan Kolam Renang Cikoromoy," terang Ghaffar.

Menurutnya, Pemkab Pandeglang selama ini sedang berupaya mendongkrak PAD dari sektor kepariwisataan, dengan terus menggali potensi-potensi kawasan wisata, yang belum terkelola secara maksimal. Seperti halnya potensi wisata di Kampung Domba, Juhut, maupun tempat-tempat ziarah yang masih dikelola oleh perseorangan.

"Seperti Cikadueun dan Caringin. Ke depan kita usahakan agar kerja sama antara pemerintah dengan pengelola. Misalnya terkait parkir yang bisa menghasilkan kontribusi untuk Pemda," tutupnya. [dho]


Komentar Pembaca
Siapa Berani Lawan Gatot?

Siapa Berani Lawan Gatot?

SELASA, 19 SEPTEMBER 2017 , 19:00:00

Menteri PUPR Bersihkan Danau Rawa Pening

Menteri PUPR Bersihkan Danau Rawa Pening

SABTU, 16 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

Buwas Jadi Cagub Jateng?

Buwas Jadi Cagub Jateng?

JUM'AT, 15 SEPTEMBER 2017 , 19:00:00