Panglima TNI Ingatkan Peran Ulama Dalam Mencapai Kemerdekaan

Nusantara  SENIN, 17 JULI 2017 , 15:52:00 WIB

Panglima TNI Ingatkan Peran Ulama Dalam Mencapai Kemerdekaan

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo membeberkan peta konflik dunia/Dho

RMOL. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sanjung ulama dan santri saat menyampaikan pidato kebangsaannya di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten pada Senin (17/07).

Menurutnya kemerdekaan Indonesia dapat dicapai pada tahun 1945 berkat peran ulama, ia menjelaskan selama ratusan tahun bangsa Indonesia berjuang lepas dari penjajahan, tapi dengan cara kedaerahan dan tanpa hasil, tetapi ketika ulama bisa mempersatukan bangsa Indonesia hanya perlu waktu belasan tahun untuk merdeka, ia menyampaikan bahwa dua ormas Islam terbesar di Indonesia yakni NU dan Muhamadiyah lahir sebelum sumpah pemuda, jadi andil mereka sangat besar untuk mempersatukan umat. "Saya buktikan bahwa Muhamadiyah dan NU didirikan sebelum sumpah pemuda…. Tidak perlu 240 tahun, 17 tahun saja," Ucapnya.

Gatot juga mengingatkan bahwa pancasila sebagai dasar Negara sudah final, dan yang merumuskannya adalah para ulama "Pancasila itu yang merumuskan para kyai," pesannya.

Sehingga ia mengambil kesimpulan bahwa siapapun yang ingin mengganti pancasila dengan ideology lain tentu bukan kyai dari Indonesia, melainkan penyusup dari luar. Kalaupun dari Indonesia, menurutnya pasti di bonceng oleh pihak-pihak berkepentingan dari luar. "Lha ko aneh sekarang, ada orang yang sedang menikmati kemerdekaan akan merubah pancasila, itu bukan kyai dari Indonesia, pasti itu," tegasnya.

Gatot memperingatkan bahwa konflik yang ada di belahan dunia lain karena factor ekonomi, salah satunya perebutan minyak. Ia berpesan warga Negara Indonesia harus lebih meningkatkan persatuan dengan berpegang teguh kepada pancasila dan tidak termakan oleh isu dari luar yang mencoba mengadu domba dan memprovokasi.[dho]



Komentar Pembaca
Akhirnya Program Ini Diresmikan

Akhirnya Program Ini Diresmikan

SABTU, 22 JULI 2017 , 21:00:00

PDIP Peringatkan Gatot

PDIP Peringatkan Gatot

JUM'AT, 21 JULI 2017 , 19:00:00

Tiongkok Harus Menghormati

Tiongkok Harus Menghormati

RABU, 19 JULI 2017 , 21:00:00