Oji Fachrurozi: Kasus JT Harus Jadi Perhatian Semua Pihak

Politik  MINGGU, 06 AGUSTUS 2017 , 20:21:00 WIB | LAPORAN: ROSIDARTA

Oji Fachrurozi: Kasus JT Harus Jadi Perhatian Semua Pihak

Oji Fachrurozi, Tokoh Pergerakan Pemuda Pandeglang/Daday

RMOL. Tertangkapnya Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pandeglang, atas dugaan pemerasan yang dilakukannya pada salah satu sekolah di wilayah Kecamatan Cisata, Pandeglang. Seakan menjadi sebuah tamparan keras, bagi dunia pergerakan sosial kepemudaan. Terutama dikalangan organisasi kemahasiswaan, aktivis pergerakan, OKP, maupun Non Governmen Organization (NGO) pada umumnya.

Seperti halnya disesalkan Oji Fachrurozi, salah seorang tokoh pergerakan pemuda asal Pandeglang, yang juga mantan Sekertaris Umum DPD KNPI Pandeglang era tahun 2002-an, mengatakan. Bahwa pristiwa yang menimpa JT, terbilang sangat memprihatinkan, serta menjadi sebuah pukulan keras, bagi sesama penggiat sosial. Meskipun saat itu tindakannya tidak mengatas namakan KNPI, maupun organisasi kemahasiswaannya, namun tetap saja hal itu tidak bisa dipungkiri.

"Ini sebuah catatan sejarah kelam, bagi dunia kepemudaan, maupun bagi dunia pergerakan sosial di Kabupaten Pandeglang. Namun demikian, kita harus pahami, bahwa insiden yang menimpa saudara JT saat itu, tidak sebagai  kapasitas Ketua KNPI, maupun sebagai aktivis organisasi kemahasiswaan, namun sebagai kordinator organ lain. Jikapun melekat didirinya selaku Ketua KNPI Pandeglang, memang hal itu tidak bisa kita nafikan," jelas Oji Fachrurozi ini, Minggu (6/8/2017).

Namun demikian, Kordinator Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Kabupaten Pandeglang ini pun, kembali menegaskan. Bahwa inilah seketsa yang harus dipahami, adanya pepatah "Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari" sepertinya selaras dengan kondisi saat ini, dimana maraknya aksi pungli dan korupsi di tataran birokrasi, maupun politik praktis. Membuat contoh kesenangan, hingga memicu keinginan untuk dituruti para generasinya.

"Inilah sebuah Adagium jaman SD, yang benar-benar pas bila kita jabarkan, guru kencing berdiri, muridpun kencing berlari. Seakan selaras dengan situasi dan kondisi bangsa saat ini. Dimana tataran birokrasi, maupun politik praktis, telah mempertontonkan (maaf) onani dimuka generasinya, hingga mumbuat rangsangan ingin turut serta melakukannya. Sehingga merasuk sendi-sendi sosial bangsa, serta mengoyak kemurnian pergerakan sosial yang ada," tambah Oji, yang juga Ketua Karangtaruna Indonesia (KTI) Pandeglang ini.

Dikatakannya juga, insiden ini tidak hanya menjadi camubukan keras, bagi dunia pergerakan kepemudaan saja. Akan tetapi, ini pun menjadi pukulan telak bagi Pemerintah setempat, dalam upaya pembinaan kepemudaan, serta pembekalan pemahaman tentang berorganisasi. Karena menurut Oji, nakalnya anak, tidak terlepas dari cara pembelajaran orang tuanya, bila orang tuanya apatis dan masa bodoh, jangan salahkan anak ketika berbuat salah.

"Sebuah kontruksi Pemerintah diumpamakan sebagai orang tua, dan aktivis, OKP, NGO maupun Pemuda, sebagai anak. Sehingga jelas tanggungjawabnya, terutama dalam memberikan pengarahan secara Educatif, Produktif, Visioner, serta terperhatikan. Dan bila itu dilakukan, apakah ada anak-anaknya yang nakal. Inilah cubitan buat para pemangku kebijakan di Kesbangpol, maupun Dispora, yang seharusnya menjadi pengayom Pemuda, OKP, maupun NGO secara umum," tegasnya.

Mengakhiri sosiodrama tersebut, menurut tokoh pergerakan muda Pandeglang ini, dirinya hanya ingin menitip pesan. Kedepan, baik Kesbangpol, maupun Dispora, bisa lebih mengoptimalkan lagi, pemberdayaan bagi kalangan muda, khususnya kalangan penggiat sosial yang aktif, serta berikan ruang dan upaya partisipatif, dalam hal pembangunan SDM, Life Skill, maupun yang lainnya, sehingga keberadaanya pun merasa terakui.[dho]



Komentar Pembaca
Zulhas Jadi Prioritas Capres PAN

Zulhas Jadi Prioritas Capres PAN

SELASA, 22 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

Bendera RI Dilecehkan, Dubes Rusdi Diam Saja?

Bendera RI Dilecehkan, Dubes Rusdi Diam Saja?

SENIN, 21 AGUSTUS 2017 , 17:00:00

Prabowo Puji Mahasiswa UBK

Prabowo Puji Mahasiswa UBK

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 21:00:00