Destinasi Wisata Alam Goa Sanghiang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pariwisata  SELASA, 22 AGUSTUS 2017 , 20:53:00 WIB | LAPORAN: RA. SUDRAJAT

Destinasi Wisata Alam Goa Sanghiang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pengunjung didalam goa/Ajat

RMOL. Goa Sanghiang (goa Kramat), yang terletak di Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak adalah salah satu tempat wisata alam dari sekian tempat wisata alam di Kabupaten Lebak yang masih natural berbalut mistis.

Menurut Kepala desa (Kades) Hariang, Nani Restiani, selain goa Sanghiang, dilokasi yang sama, terdapat pula beberapa goa, diantaranya goa picung, goa tangkil dan goa menara.

"Namun, goa yang sering dikunjungi oleh pengunjung (wisatawan -red) yakni goa Sanghiang (goa kramat), sebab, tempatnya mudah dijangkau dan paling cocok untuk berwisata alam," kata wanita yang biasa disapa Jaro Eneng itu kepada wartawan di Sobang, Selasa (22/08).

Masih katanya, seiring dengan makin bertambahnya pengunjung, pihaknya sedikit demi sedikit melakukan penataan dan pengembangan disekitar lokasi goa tersebut. "Seperti pengerasan jalan serta fasilitas penunjang lainnya. Kedepan kita berencana akan mengganggarkan dari dana desa untuk mengembangkan dan menata obyek wisata yang memiliki luas 25 hektar tersebut. Rencananya akan dikelola oleh Bumdes," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Sobang, Yadi Basari Gunawan mengatakan, di Kecamatan Sobang terdapat tiga tempat wisata diantaranya, Curug Cipicung di Desa Sukaresmi, goa Sanghiang di Desa Hariang dan wisata air panas di Cikawah Desa Sobang. Namun, dari ketiga obyek wisata alam tersebut, lanjut Camat, memang yang paling aktif hanya goa Sanghiang. Sebab di desa tersebut terdapat kelompok sadar wisata, mereka sangat gigih mempromosikan tempat wisata setempat dengan didukung dengan kelompok wisata yang lainnya.

Masih kata Yadi, Kecamatan Sobang memiliki beragam tempat wisata alam yang belum tergali secara menyeluruh. "Untuk itu kedepan saya berencana akan membentuk kelompok-kelompok wisata di masing-masing desa yang ada di Kecamatan Sobang, yang bertujuan untuk menggali potensi-potensi wisata yang ada, hingga akhirnya dapat menarik wisatawan dari dalam dan luar kecamatan, tentunya ini juga diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi warga masyarakat," ujarnya.[dho]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Jokowi Hedonis dan Inkonsisten

Jokowi Hedonis dan Inkonsisten

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 17:00:00