Dinilai Ramah Lingkungan, Pemkab Lebak Dukung Kendaraan Bertenaga Listrik

Ekbis  RABU, 06 SEPTEMBER 2017 , 09:23:00 WIB | LAPORAN: RA. SUDRAJAT

Dinilai Ramah Lingkungan, Pemkab Lebak Dukung Kendaraan Bertenaga Listrik

Ilustrasi/Net

RMOL. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak, mendukung kendaraan roda dua dan roda empat bertenaga listrik karena dinilai bisa menghemat biaya juga ramah lingkungan dibandingkan penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak jenis premium, pertalite ataupun pertamax.

"Kami berharap kendaraan bertenaga listrik produk dalam negeri dapat memenuhi di ruas-ruas jalan," ucap Kepala Bidang (Kabid) Terminal Angkutan dan Parkir pada Dishub Kabupaten Lebak, A Dudung di Rangkasbitung, Selasa, (05/09).

Masih kata Dudung, keberadaan kendaraan listrik memiliki keunggulan dibandingkan angkutan yang menggunakan BBM. Keunggulan kendaraan listrik tersebut, lanjut Dudung, selain menghemat biaya juga ramah lingkungan dan tidak menimbulkan gas C02 yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain itu juga, tambahnya, kendaraan listrik lebih efesien karena tingkat kerusakan relatif kecil dan penggunaan kendaraan listrik tersebut bisa mengurangi angka kecelakaan karena kecepatannya tidak seperti kendaraan yang menggunakan BBM.

"Kami yakin pemberlakukan kendaraan listrik itu dapat menyerap tenaga kerja dengan mendirikan pos charger untuk menyimpan arus listrik pada kendaraan tersebut," ungkap Dudung.

Dijelaskannya, selama ini kendaraan listrik juga harus disamakan dengan kendaraan yang menggunakan BBM yakni dilengkapi surat kepemilikan berupa BPKB, STNK dan nomor polisi. Sebab, menurutnya, kendaraan listrik juga digerakan oleh mesin dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang kendaraan diwajibkan memiliki nomor polisi dan surat-surat kepemilikan.

"Meski kendaraan listrik belum memadati ruas jalan, namun pemerintah daerah menyambut positif penggunaan kendaraan bertenaga listrik tersebut," pungkasnya.[dho]



Komentar Pembaca
Siapa Berani Lawan Gatot?

Siapa Berani Lawan Gatot?

SELASA, 19 SEPTEMBER 2017 , 19:00:00

Menteri PUPR Bersihkan Danau Rawa Pening

Menteri PUPR Bersihkan Danau Rawa Pening

SABTU, 16 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

Buwas Jadi Cagub Jateng?

Buwas Jadi Cagub Jateng?

JUM'AT, 15 SEPTEMBER 2017 , 19:00:00