Dukungan Hak Angket DPRD Pandeglang Makin Menguat

Politik  RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 09:55:00 WIB | LAPORAN: ROSIDARTA

Dukungan Hak Angket DPRD Pandeglang Makin Menguat

Dede Sumantri, Anggota DPRD Pandeglang, Fraksi PKS/Daday

RMOL. Dukungan Hak Angket DPRD pada Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, terus mengalir dan semakin menguat. Dari sebelumnya terkumpul 21 tandatangan dukungan, sampai Senin (11/9) kemarin, sudah terkumpul 25 tandatangan dukungan. Bahkan Selasa (12/9) kemarin pun, Ketua DPC Partai Demokrat, Yoyon Sujana, mengintruksikan pada anggota DPRD Pandeglang dari Fraksi Partai Demokrat, untuk mendukung dan mengawal Hak Angket sampai selesai.

Dalam keterangan Pers-nya, Yoyon Sujana menyatakan, bahwa langkah dukungan Partai Demokrat, terhadap penggunaan Hak Angket tersebut, telah ia putuskan secara matang dalam rapat pengurus harian, bersama Fraksi Partai Demokrat DPRD Pandeglang, di kantor Sekertariat Partai Demokrat Pandeglang, Selasa kemarin, dengan tiga poin kesepakatan, yang satu diantaranya, adalah dukungan Hak Angket.

"Kami atas nama Partai Demokrat Kabupaten Pandeglang, bersama anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat, telah melakukan rapat dan pembahasan terkait internal partai kami. Dalam rapat pengurus harian bersama anggota Fraksi Partai Demokrat Pandeglang, kita sepakati tiga poin keputusan rapat, yang satu diantaranya adalah keputusan dukungan Hak Angket tersebut, untuk kepentingan rakyat Pandeglang kedepannya," jelas Yoyon Sujana.

‎Sementara itu, Dede Sumantri anggota DPRD Pandeglang dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtra (PKS), mengatakan. Secara pribadi sebagai anggota dewan, pihaknya mendukung usulan Hak Angket tersebut, terutama bila mencermati 12 poin tuntutan yang dibawa Aliansi Masyarakat dan Pemuda Pandeglang (AMPP) saat itu. Namun demikian, pihaknya selaku kader PKS, secara organisasi masih menunggu keputusan partainya.

"Bila saya amati dan pelajari, apa yang menjadi tuntutan kawan-kawan aktivis AMPP, memang cukup menarik untuk di-Angket-kan. Maka dari itu, secara pribadi saya setuju, dengan bukti dukungan tandatangan saya di naskah usulan Hak Angket tersebut. Tetapi, inilah politik, saya adalah kader PKS yang juga harus taat dan patuh atas keputusan partai, sehingga dukungan secara penuh untuk usulan Hak Angket ini, saya pun menunggu intruksi partai," tegas Dede, Rabu (13/7/2017).

Terpisah, anggota DPRD Pandeglang lainnya, dari Fraksi Bintang Hanura, Iwan Coanda mengatakan, usulan Hak Angket DPRD terhadap Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, sebenarnya sudah mulai diwacanakan jauh-jauh hari, dan adanya kelompok Aktivis yang menjadi motor, digulirkannya pengumpulan dukungan tersebut, pihaknya mengaku itu bukanlah suatu paksaan, tetapi suatu kerelaan untuk mengusung Pandeglang lebih baik kedepannya.

"Tidak ada sedikit pun paksaan dari kawan-kawan aktivis itu. Ini sebuah dinamika politik yang memang harus kita jalani. Para aktivis itu hanya motor penggerak saja, sementara kita adalah pemilik mutlak Hak Angket tersebut. Karena saya berharap, dengan bergulirnya Hak Angket sampai terbentuknya Pansus Angket, Pandeglang akan berubah menjadi lebih baik lagi," tandas Iwan Coanda.

Sementara dari informasi yang didapat RMOLBanten, adanya penarikan dukungan usulan Hak Angket dari anggota DPRD Fraksi Partai Golkar, ditanggapi dingin sementara anggota dewan lainnya, yang masih konsisten akan mengawal usulan Hak Angket tersebut, mulai dari Sidang Badan Musyawarah (Bamus), sampai disetujui atau tidaknya usulan Hak Angket itu pada Sidang Paripurna-nya. Dan dari 25 anggota dewan yang setuju Hak Angket, beradal dari Fraksi PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PKS, PKB, PPP, serta Fraksi Bintang Hanura.‎ [dho]


Komentar Pembaca
Siapa Berani Lawan Gatot?

Siapa Berani Lawan Gatot?

SELASA, 19 SEPTEMBER 2017 , 19:00:00

Menteri PUPR Bersihkan Danau Rawa Pening

Menteri PUPR Bersihkan Danau Rawa Pening

SABTU, 16 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

Buwas Jadi Cagub Jateng?

Buwas Jadi Cagub Jateng?

JUM'AT, 15 SEPTEMBER 2017 , 19:00:00