Istigosah dan Pawai Obor Sambut Pergantian Tahun Baru Hijriah

Budaya  KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 12:33:00 WIB | LAPORAN: ROSIDARTA

Istigosah dan Pawai Obor Sambut Pergantian Tahun Baru Hijriah

Irna Narulita, Bupati Pandeglang saat membuka acara perayaan Tahun Baru Hijriah, di Halaman Masjid Agung Ar-Rahman/daday

RMOL. Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1439 Hijriah, ribuan warga Pandeglang padati halaman depan Mesjid Agung Ar-Rahman, guna menggelar pawai obor dan Istigosah, Rabu (20/9/2017) malam.

Ribuan warga yang terdiri dari santriawan, santriawati, masyarakat, serta para pelajar tersebut, terlihat antusias dalam mengikuti acara yang dibuka langsung oleh Bupati Pandeglang ini.

Secara simbolis Irna Narulita selaku Bupati Pandeglang, menyalahkan api obor sekitar pukul 20.30 Wib, tanda dimulainya Pawai Obor, kemudian dilanjutkan dengan Istigosah, yang dipimpin langsung Kh. Muhtadi Dimyati, Cidahu.

Dalam kesempatan tersebut, Irna selaku Bupati Pandeglang, merasa haru melihat peserta pawai obor yang cukup banyak tersebut, hingga memadati jalan dan halaman Masjid Agung Ar-Rahman Pandeglang.

"Ini adalah bentuk semangat warga Pandeglang, yang dengan rasa sadar dan kecintaannya, terhadap pergantian tahun bagi umat Islam, atau penghargaan pada 1 Muharam, Tahun Baru-nya umat Islam," ungkap Irna dalam sambutannya.

Masih menurut Irna, bahwa antusiasme warga Pandeglang, dalam ikut memeriahkan dan menyambut pergantian tahun Islam ini, seakan menjadikan ciri, kalau Islam itu kompak, bersatu dan penuh dengan rahmat.

"Ini menjadi satu tanda, bahwa umat Islam bersatu, kompak dan konsisten, dalam memperingati 1 Muharam. Saya selaku Pemerintah Kabupaten Pandeglang, sangat mengapresiasi para peserta pawai obor, serta peserta Istigosah ini, dalam peringatan 1 Muharam, sebagai bagian dari kecintaan dan rasa syukur  terhadap pergantian tahun baru Islam," tambahnya.

Sementara itu, penanggung jawab teknis kegiatan, H. Sudrajat, mengatakan. Bahwa peringatan 1 Muharam merupakan agenda tahunan, dan pihaknya merasa bangga serta berterimakasih atas dukungan Pemda Pandeglang, dalam mendukung kegiatan Pawai Obor dan Istigosah yang dilaksanakan kali ini.

"Menjelang pergantian tahun 1 Muharam 1439 Hijriah, agenda kita ini selain pawai obor, juga akan dilaksanakan Istigosah, yang akan dipimpin Abuya Muhtadi, dari Cidahu. Dan terlepas itu semua, yang pasti kami ucapkan terimakasih pada ibu bupati Irna Narulita, yang sudah memberi dukungan, atas terselenggaranya acara ini," ujar Sudrajat. [jem]



Komentar Pembaca
Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

JUM'AT, 01 DESEMBER 2017 , 15:00:00

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 17:00:00