Butuh Bapak Angkat, Petani Manggis Cipanas keluhkan Pemasaran

Ekbis  SENIN, 25 SEPTEMBER 2017 , 09:25:00 WIB

Butuh Bapak Angkat, Petani Manggis  Cipanas keluhkan Pemasaran

Embih seorang petani manggis cipanas/Bung

RMOL. Produksi buah manggis di Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak saat musim panen raya sangat melimpah hingga mencapai 130 ton sekali panen. Namun, menurut salah seorang petani buah Manggis di Kecamatan Cipanas, Embih, mengaku, meski melimpah namun masih memiliki kendala dalam hal pemasaran.

"Di Kecamatan Cipanas terdapat  250 hektar lahan kebun manggis yang tersebar di beberapa desa dengan hasil produksi mencapai 130 ton setiap musim panen.Yakni di Desa Luhurjaya, Sukasari, Malangsari, Haurgajrug, Giriharja dan Girilaya",terangnya.

"Selama ini kita menjual hasil panen manggis kepada pengusaha dari Tasikmalaya dan Bogor, mereka membeli untuk Ekspor hanya seharga Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 per kilogramnya dengan kwalitas super, tanpa kita mengetahui harga yang sebenarnya. Itupun harus disortir terlebih dahulu," kata Embih, di Cipanas, Minggu (24/9).

Sayangnya, manggis yang dibeli oleh pengusaha dari Bogor atau Tasik berubah nama menjadi Manggis Bogor atau Manggis Tasik. "Padahal jelas-jelas manggis tersebut hasil dari lahan dan para Petani asli Cipanas orang Kabupaten Lebak. Kita yang punya produk tapi tidak tercantum namanya,"imbuhnya.

Untuk itu, Embih dan para petani lainnya sangat mengharapkan adanya bapak angkat atau pengusaha dari Banten ini, agar produk komoditi asli Lebak tidak diklaim oleh daerah lain, Keluhan ini memang sudah kita sampaikan kepada bapak Gubernur Banten beberapa waktu lalu.  

"mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi dapat memberikan solusi terbaik. Jika memang sudah ada pengusaha yang mau menampung hasil Manggis kita, Saya yakin pasti harganya pun akan bagus dan memiliki Label yang bisa mengangkat nama daerah kita sendiri, Lebak atau Banten," tutupnya. [Bung]



Komentar Pembaca
Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

JUM'AT, 01 DESEMBER 2017 , 15:00:00

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 17:00:00