BUMDes Mampu Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Ekbis  SABTU, 30 SEPTEMBER 2017 , 07:39:00 WIB | LAPORAN: RA. SUDRAJAT

BUMDes Mampu Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Ilustrasi/net

RMOL. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Lebak mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan juga dapat menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan.

"Kita mengapresiasi usaha yang dikelola BUMDes, karena mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Usaha Ekonomi Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lebak, Dede Sutisna di Rangkasbitung, Jumat (29/09).

Dijelaskannya, keberhasilan usaha yang dikelola BUMDes di Kabupaten Lebak, diantaranya di Desa Cikadu, Kecamatan Cibeber mengembangkan usaha kerajinan rotan, Desa Cirende, Kecamatan Cilograng mengembangkan usaha penyulingan air laut menjadi air bersih dan di Desa Warung Banten, Kecamatan Cibeber yang mampu mengembangkan usaha konveksi.

Selama ini, lanjutnya lagi, usaha kerajinan masyarakat pedesaan menjadikan andalan ekonomi di desanya. "Kita terus mendukung BUMDes agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan," ucapnya.

Masih katanya, saat ini jumlah BUMDes di Kabupaten Lebak berjumlah 139 unit dan BUMDes tersebut mengembangkan usaha berbasis potensi komoditas peternakan, perikanan, pariwisata, perkebunan dan pertanian. "Potensi usaha itu diharapkan menjadikan pilar ekonomi masyarakat pedesaan sehingga diharapkan bisa mengatasi urbanisasi," ujarnya.

Menurutnya, kehadiran BUMDes bisa menjadikan sumber pendapatan ekonomi melalui pengembangan usaha masyarakat.

Pengembangan BUMDes itu, katanya lagi, dibantu permodalan dari alokasi dana desa (ADD) mulai Rp10 juta  hingga Rp100 juta. "Kita minta kepada desa yang belum membentuk BUMDes agar tahun depan dapat membentuknya guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Warung Banten, Kecamatan Cibeber,, Kabupaten Lebak, Rohandi mengungkapkan, selama ini permintaan konveksi dan sablon di desanya berkembang setelah terbentuknya BUMDes dua tahun lalu.

"Saat ini, perguliran usaha konveksi dan sablon dapat menggulirkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa," ungkap Rohandi. [JEM]



Komentar Pembaca
Sikumbang Jadi Koleksi Museum Dirgantara

Sikumbang Jadi Koleksi Museum Dirgantara

RABU, 18 OKTOBER 2017 , 21:00:00

Deddy Mizwar Kepingin Dipinang PDIP

Deddy Mizwar Kepingin Dipinang PDIP

SENIN, 16 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 21:00:00