Dibutuhkan "Will" Seorang Bupati, Menuju Open Governance di Pandeglang

Daerah  SENIN, 09 OKTOBER 2017 , 19:57:00 WIB | LAPORAN: ROSIDARTA

Dibutuhkan

Andri Yoga Permana, anggota DPRD Pandeglang, Fraksi PKB

RMOL. Sejak era reformasi bergulir, gaung "good governance" sepertinya menjadi kata "magis" yang selalu didengung-dengungkan, baik oleh para politisi maupun birokrat, terutama dalam mencapai suatu tujuan kepemimpinan, sehingga mampu menghipnotis masyarakat, bahwa "Dirinya" mampu mencipatakan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar, sesuai aturan-aturan yang berlaku.

Selain good governance, kata magis lainnya adalah "open goavernance," guna menciptakan pemerintahan yang transparan dan bersih, melalui keterbukaan informasi, sesuai amanah dari UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Dua hal inilah yang sepertinya hanya akan menjadi retorika belaka, karena memang untuk dapat mewujudkan itu semua, dibutuhkan "Will" atau kemauan dari seorang pemimpinnya.

Seperti halnya di Kabupaten Pandeglang, dimana kedua kata magis tersebut, selama ini hanya dijadikan "Lip Service" semata. Bahkan hal ini pun, diakui Andri Yoga Permana, salah seorang anggota DPRD Pandeglang, dari Fraksi PKB. Yang menurutnya, para eksekutif baik bupati, maupun para pemangku kebijakan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pandeglang, belum memiliki kemauan, untuk terwujudnya good governance, maupun open goavernance, di Pemkab Pandeglang ini.

"Kalau kita bicara good governance, apalagi bicara open governance, sangat jauh panggang dari api. Karena memang apa yang didengung-dengungkan para eksekutif itu, semata hanya penghias bahasa saja. Terbukti, kami sendiri sebagai anggota dewan, selalu kesulitan ketika meminta sejumlah dokumen, maupun data anggaran yang ada di setiap OPD. Sehingga wajar, ketika fungsi pengawasan kami menjadi lemah, akibat tidak adanya acuan untuk kami melakukan pengawasan itu," jelas Andri, Senin (9/10/2017).

Politisi PKB ini pun menjelaskan, seperti halnya tujuan dari diundangkannya keterbukaan informasi publik, yakni untuk menjamin hak warga negara, dalam upaya mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik. Sehingga terwujudnya penyelenggaraan negara yang baik, transparan, efektif, efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan, selain meningkatkan peran aktif masyarakat, dalam upaya ikut serta mengawasi jalannya roda pemerintahan, sehingga terciptalah good governence tersebut.

"Sebenarnya hanya membutuhkan ketegasan sikap, serta kemauan dari Bupati Pandeglang, dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, efisien, serta akuntabel, dengan melibatkan masyarakat langsug sebagai obyek pembangunan, maupun badan pengawas langsung, jalannya roda pemerintahan di Kabupaten Pandeglang ini, melalui kemauan untuk melakukan transparansi anggaran yang ada," tambahnya.

Masih menurut Andri Yoga Permana, adanya himbauan Bupati Pandeglang, pada seluruh desa yang ada di Kabupaten Pandeglang, untuk melakukan publikasi anggaran desa, sebagai upaya transparansi anggaran desa, seakan bertolak belakang dengan OPD yang ada di Pemkab Pandeglang ini. Hal itu pun dibuktikan, ketika pihaknya meminta Rencana Kerja Anggaran (RKA) OPD, untuk ia jadikan bahan rujukan, dalam upaya kontroling anggaran dengan penerapan program dilapangan.

"Jangankan masyarakat umum, yang ingin mengetahui anggaran yang ada di OPD secara poin per poin. Kami sendiri selama ini tidak pernah mendapatkan yang namanya dokumen RKA OPD. Padahal jelas, RKA itu adalah rujukan buat kami, dalam upaya melaksanakan salah satu hak kami sebagai anggota dewan. Jadi percuma adanya himbauan transparansi anggaran pada desa, kalau anggaran yang ada di OPD-nya, masih ditutup-tutupi," tegas Andri. [MAN]



Komentar Pembaca
Sikumbang Jadi Koleksi Museum Dirgantara

Sikumbang Jadi Koleksi Museum Dirgantara

RABU, 18 OKTOBER 2017 , 21:00:00

Deddy Mizwar Kepingin Dipinang PDIP

Deddy Mizwar Kepingin Dipinang PDIP

SENIN, 16 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 21:00:00