Cikulur Kembangkan 15 Hektare Lahan Mina Padi

Daerah  RABU, 11 OKTOBER 2017 , 14:39:00 WIB | LAPORAN: RA. SUDRAJAT

Cikulur Kembangkan 15 Hektare Lahan Mina Padi

Kepala UPTD Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Riki Adriana/Ajat

RMOL. Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak mendapatkan program pengembangan budidaya ikan sistem minapadi dengan luas lahan sawah 15 hektare.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Riki Adriana mengatakan, lokasi pengembangan program minapadi terdapat di tiga desa yakni, di Desa Sumurbandung, Desa Parage dan di Desa Sukaharja.

Dijelaskan Riki, lahan seluas 15 hektare tersebut tersebar di tiga desa yang pelaksanaannya oleh kelompok tani (Poktan) di masing-masing desanya, dengan luas per poktan 5 hektare dalam satu hamparan berdekatan dengan jaringan irigasi.

"Melalui jaringan irigasi tersebut, lahan sawah di masing-masing desa itu hampir sepanjang tahun mendapat pasokan air sehingga sangat cocok untuk pengembangan program minapadi," ucap Riki saat ditemui RMOLBanten dikantornya, Rabu, (11/10).

Dijelaskan Riki, Program minapadi  merupakan teknologi tepat guna dalam rangka optimalisasi lahan sawah untuk meningkatkan pendapatan para petani. Ia juga mengatakan program tersebut sangat bagus dalam rangka upaya meningkatkan pendapatan petani. Apalagi potensi lahan sawah di tiga desa itu sangat mendukung.

"Tujuan program tersebut untuk mendukung peningkatan produksi perikanan melalui budidaya ikan sistem minapadi dan mendorong peningkatan kapasitas kelembagaan penerima bantuan pemerintah. Selain itu, mendorong peningkatan kemampuan petani dalam usaha pembudidaya ikan," jelas Riki.

Untuk diketahui, tambah Riki, dalam program minapadi masing-masing kelompok tani mendapat kucuran dana sebesar Rp.25 juta. "Dana sebesar itu dipergunakan untuk membeli benih padi, benih ikan nila, pupuk dan obat-obatan," pungkasnya. [JEM]



Komentar Pembaca
Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

JUM'AT, 01 DESEMBER 2017 , 15:00:00

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 17:00:00