Mencari Bibit Unggul, Pemkab Lebak Gelar Kontes Kerbau

Daerah  KAMIS, 12 OKTOBER 2017 , 15:25:00 WIB | LAPORAN: RA. SUDRAJAT

Mencari Bibit Unggul, Pemkab Lebak Gelar Kontes Kerbau
RMOL. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Peternakan setempat menggelar kontes kerbau untuk mendapatkan bibit unggul betina dan pejantan dari induk yang berkualitas dari masyarakat. Pelaksanaan kontes kerbau tersebut akan digelar di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Sabtu 14 Oktober 2017. Hal diungkapkan Kepala Seksi Bina Usaha Dinas Peternakan Kabupaten Lebak, Siti Samsiah dikantornya, Kamis, (12/10)

Dijelaskan Siti, Kontes ternak kerbau tersebut akan diikuti oleh para peternak kerbau di 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak dengan masing-masing menampilkan bibit unggul kerbau baik betina maupun pejantan.

Masih kata Siti, penyelenggaraan kontes kerbau itu guna meningkatkan kualitas peternakan kerbau sehingga bisa menyumbangkan produksi pangan juga pendapatan ekonomi masyarakat. Oleh Karena itu, melalui kontes kerbau diharapkan menjaring kerbau induk yang Iayak dikembangkan oleh kelompok percontohan pembibitan kerbau.

"Kami berharap kedepan kelompok peternak kerbau itu menjadikan sentra bibit kerbau sehingga dapat menyuplai kebutuhan bibit bagi peternak Iain di Lebak," ujarnya.

Dijelaskannya lagi, berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2013 di Kabupaten Lebak masuk peringkat urutan keempat nasionaI dengan jumlah populasi kerbau 34.000 ekor. Bahkan, populasi ternak kerbau di Kabupaten Lebak hampir semua di 340 desa memiliki dua sampai empat ekor per rumah tangga peternak.

"Kontes kerbau itu untuk mendorong para peternak termotivasi untuk mengembangkan usaha ternak kerbau juga memenuhi swasembada daging," paparnya. [JEM]



Komentar Pembaca
Anti Kritik, Berhenti Saja Jadi Pejabat!

Anti Kritik, Berhenti Saja Jadi Pejabat!

JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Jokowi Jauh Tinggalkan Prabowo

Jokowi Jauh Tinggalkan Prabowo

KAMIS, 15 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Rizal Ramli Berani Bela Petani

Rizal Ramli Berani Bela Petani

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Workshop Media Menyambut Pilkada

Workshop Media Menyambut Pilkada

KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 11:53:00