Relawan Pembuatan Akta Kelahiran Keliling, Sambangi Warga Kecamatan Cipanas

Daerah  RABU, 15 NOVEMBER 2017 , 08:38:00 WIB

Relawan Pembuatan Akta Kelahiran Keliling, Sambangi Warga Kecamatan Cipanas
RMOL. Ratusan Warga kecamatan Cipanas dengan Antusias mendatangi kantor kecamatan Cipanas untuk membuat Akta kelahiran Gratis, Selasa (14/11), di layani langsung oleh Relawan dari Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) dan Pegawai Dinas kependudukan Catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak.

Djajat Subagja, kepala Bidang Catatan Sipil Kabupaten Lebak, mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini, untuk mempermudah dan mempercepat Masyarakat memiliki Akta Kelahiran dari usia 0 sampai 18 tahun dan untuk mengurangi kos biaya tinggi artinya jangan sampai Masyarakat datang ke Kabupaten untuk membuat Akta gratis tetapi ongkos transportasinya mahal Ucapnya

 " Anggaran tahun 2017, target kabupaten Lebak 76 persen sudah Kita lampaui, tingkat Nasional 85 persen sudah Kita lampaui, sisanya mengejar target tahun anggaran di masa yang akan datang, tahun 2018 target Kami bisa mencapai 90 persen,” katanya.

"Saya‎ berharap warga Kabupaten Lebak 100 persen memiliki akta kelahiran, Kami menggunakan azas Domisili, bagi warga yang berkependudukan di kabupaten Lebak adalah Hak dan Wajib memiliki Akta Kelahiran Kabupaten Lebakujarnya.

Sementara itu, Saifullah Ma'shum, ketua Lembaga kajian dan advokasi Kebijakan dalam Kewarganegaraan dan kependudukan, Ia mengatakan Untuk Provinsi Banten, semua Kabupaten sudah di kunjungi, kecuali Pandeglang, Kabupaten Lebak merupakan kunjungan yang ke 4, setelah kabupaten lain dan terakhir untuk 2017, tutup buku untuk perencanaan 2018, di evaluasi sebagai perencanaan penting di masa yang akan dating, jelasnya kepada awak media.

Dengan adanya kegiatan ini Masyarakat  bisa memiliki Akta Kelahiran dengan mudah, Kami membentuk Relawan sebagai Mediator yang dipercaya oleh Disdukcapil, untuk Sosialisasi, serta Verifikasi dan Validasi data, mengantar dan mengurus ke Dinas Kependudukan sampai dokumen Akta kelahiran selesai", terangnya

"Saya sangat berterimakasih dan senang dengan kondisi itu, karena manfaatnya pasti sangat di rasakan langsung oleh Masyarakat, terutama yang berdomisili di tempat yang jauh dari Pemerintahan", Ucapnya.

Ia berharap kedepannya dibentuk UPT Kependudukan sebagai pelayanan register Kecamatan yang jauh "Pihak Kami sudah memohon kepada Kadisdukcapil Kabupaten Lebak agar kedepannya mendirikan Unit Pelayanan Teknis (UPT ) Kependudukan, untuk memudahkan Masyarakat yang jauh dari pusat Pemerintahan Kabupaten".

"Nantinya UPT menpunyai kewenangan untuk menertibkan dan menandatangani serta mengurus berkas sehingga tidak menumpuk di meja Kabid dan Kadis Kependudukan, seperti tertuang Dalam UU No.24 tahun 2013. tentang Kependudukan, UPT bisa di bentuk terutama di kecamatan yang jauh dari pusat pemerintahan,” terangnya.

Pemerintah Daerah, agar terus melakukan Sosialisasi di berbagai tempat, baik itu di pengajian atau tempat Rapat untuk menerangkan Kepada warga tentang kemudahan dalam mengurus pembuatan Akt Kelahiran.

‎Harapan selanjutnya, kepada masyarakat Kabupaten lebak dan sekitarnya Saya mohon kesadarannya agar setiap anak yang dilahirkan segera dibuatkan Akta, karena Akta kelahiran merupakan Hak konstitusional setiap Warga Negara, pungkasnya. [SGR]



Komentar Pembaca
Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

Aneh! Rakyat Menjerit, Elektabilitas Melejit

JUM'AT, 01 DESEMBER 2017 , 15:00:00

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

Golkar Pastikan Novanto Siap Mundur

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 17:00:00