Dalam Ekspedisi Relawan Pandeglang, Warga Titipkan Asa Atas Janji Irna

Daerah  RABU, 13 DESEMBER 2017 , 10:19:00 WIB | LAPORAN: ROSIDARTA

Dalam Ekspedisi Relawan Pandeglang, Warga Titipkan Asa Atas Janji Irna

Lokasi jalan menuju Kampung Cegog, Desa Ranca Pinang, Cimanggu, yang harus dilalui Tim ERP/Daday

RMOL. Tim Ekspedisi Relawan Pandeglang (ERP), yang terdiri dari Pandeglang Care Movement (PCM), Ketimbang Ngemis Pandeglang (KNP), Aliansi Remaja Kreatif (AREK), Smart Student Indonesia (SSI), YAPPHIM. Foodbank Pandeglang, Kumandang, dan IMM Pandeglang, sejak tanggal 8-10 Desember 2017 kemarin, lakukan kegiatan bakti sosial di ujung Pulau Jawa.

Tim ERP yang berjumlah 45 orang dari berbagai organisasi, komunitas maupun relawan ini, mengunjungi Kampung Cegog, Desa Ranca Pinang, Kecamatan Cimanggu, Pandeglang, dalam rangka memperingati Hari Relawan Internasioanl (HRI), yang jatuh pada Selasa (5/12) pekan lalu, serta mengusung tiga agenda utama yang menjadi fokus kegiatan, yakni Jambore Anak, Santunan Lansia, dan Ekplore Ujung Jawa.

Kordinator ERP Aank Ahmed, menceritakan. Bahwa kegiatan ekspedisi yang dilakukannya bersama rekan-rekan sesama relawan itu, merupakan sebuh gerakan moral, dalam rangka memperingati HRI, serta mencoba melihat lebih dekat, tentang keberadaan masyarakat yang hidup, ditengah keterisoliran-nya di Ujung Pulau Jawa, akibat keterbatasan sejumlah akses infrastruktur yang ada.

"Miris memang, bila melihat saudara-saudara kita yang hidup di pedalaman Pandeglang, karena bukan saja kondisi ekonomi yang seadanya, kehidupannya pun seakan terisolir dari dunia luar. Jangankan untuk menginjakan kakinya di sejumlah taman kota di Pandeglang, untuk melihat kota kecamatan saja, terasa sulit mereka lakukan, akibat buruknya infrastruktur jalan di wilayah tersebut," jelas Aank Ahmed, Ketua PCM, yang juga Kordinator ERP ini, Rabu (13/12/2017).

Demikian juga diakui Nurman, Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pandeglang, bahwa lokasi yang dituju Tim ERP saat itu, berjarak lebih dari 8 Km dari Kantor Desa Ranca Pinang, dengan melalui jalan menanjak, berbatu, serta licin akibat tanah merah. Bahkan ironisnya, sepanjang jalan tersebut, tidak terlihat satu meter pun jalan beraspal, sampai tim mencapai titik lokasi kegiatan (Kampung Cegog).

"Untuk dapat sampai ke lokasi tujuan kegiatan, membutuhkan stamina yang fit, serta perjuangan dan harus ekstra hati-hati. Karena dengan menempuh jarak kurang lebih 8 km, kita pun harus melalui jalan yang tidak beraspal satu meter pun. Ditambah saat itu usai hujan, sehingga jalan dengan dasar tanah merah, batu-batu besar, serta menanjak dan berkelok, membuat ekspedisi seperti sedang ber-Offroad," papar Nurman.

Ketua IMM Pandeglang ini pun, menceritakan sejumlah keluhan masyarakat Kampung Cegog, saat Tim Ekspedisi berada dilokasi kegiatan. Seperti halnya mengungkit janji politik Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat ber-kampanye. Yang diakui sejumlah warganya, bahwa saat itu Irna dengan suaminya Dimyati, beserta puluhan tim suksesnya, sempat bermalam di rumah salah satu warga di Kampung Cegog, dan sempat berjanji pula akan membangun jalan ke kampungnya, bila terpilih nanti.

"Dari pengakuan sejumlah warga disana, beliau (Irna dan Dimyati) sempat bermalam di rumah salah satu warga, saat berkampanye dua tahun silam. Dan mereka pun sempat berjanji akan membangun sejumlah infrastruktur di kampung itu, serta membangun akses jalan menuju kampung. Namun ironisnya, sampai saat ini tidak ada satupun tanda-tanda pembangunan dilokasi tersebut," jelas Nurman menceritakan.

Menyikapi semua itu, Tim ERP mengambil sikap, serta menegaskan kepada para pemangku kebijakan, bahwa ERP bukan paling bisa dari yang mereka (Bupati dan apataturnya) bisa. ERP hanya pelaku, dan merasa peduli pada masyarakat yang menjadi korban janji manis pemimpinnya. Jangan biarkan senyum mereka menjadi senyum kebencian, akibat janji manis dan merasa termarginalkan. [JEM]



Komentar Pembaca
Anti Kritik, Berhenti Saja Jadi Pejabat!

Anti Kritik, Berhenti Saja Jadi Pejabat!

JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Jokowi Jauh Tinggalkan Prabowo

Jokowi Jauh Tinggalkan Prabowo

KAMIS, 15 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Rizal Ramli Berani Bela Petani

Rizal Ramli Berani Bela Petani

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Workshop Media Menyambut Pilkada

Workshop Media Menyambut Pilkada

KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 11:53:00