Direktorat Narkoba Polda Banten Berhasil Grebek Gudang PCC di Rangkasbitung

Hukum  KAMIS, 14 DESEMBER 2017 , 17:27:00 WIB | LAPORAN: RA. SUDRAJAT

Direktorat Narkoba Polda Banten Berhasil Grebek Gudang PCC di Rangkasbitung
RMOL. Gudang paracetamol, caffeine, dan carisoprodol (PCC) di sebuah rumah di TB Arum, Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. 2 juta pil merek Zenit Carnophen berhasil diungkap oleh Direktorat Narkoba Polda Banten. Pada Selasa, (12/12) lalu.

Polisi menyelidiki tempat tersebut, Setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat dan langsung menggerebek, ternyata benar di tempat itu terdapat produksi obat-obatan ilegal.

"Anggota menemukan adanya kegiatan memproduksi sediaan farmasi berupa obat jenis Zenit Carnophen atau PCC yang tidak memiliki izin edar, sebagaimana dimaksud dalam pasal 197 jo 106 ayat (1) UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan," jelas Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo, Kamis (14/12/2017).

"Di lokasi ini, kami menemukan puluhan karung berisi pil Zenit Carnophen sekitar 2 juta butir dan puluhan drum yang diduga bahan baku pembuatan obat tersebut, serta beberapa mesin pencetak," sambungnya.

Penggerebekan disaksikan oleh Ketua RT setempat dan perwakilan warga. Informasi dari warga, pabrik sekaligus gudang itu disewakan oleh pemiliknya sekitar dua bulan.

"Penyidik telah memeriksakan obat Zenit Carnophen tersebut ke BPOM dan menurut BPOM, obat itu diduga jenis carnophen, meskipun secara fisik berbeda dengan carnophen seperti biasanya," tuturnya.

"Namun, jika dilihat dari barang bukti yang diamankan dan diduga sebagai bahan pembuatan obat tersebut adalah sama dengan komposisi yang biasanya digunakan untuk pembuatan carnophen. Adapun isi kandungannya adalah paracetamol, carisoprodol dan caffein," terangnya.

Obat zenit carnophen berfungsi sebagai anti depresan untuk menekan perasaan depresi atau kecemasan pada tubuh dan juga digunakan sebagai obat kejang otot. Penggunaan obat tersebut harus sesuai resep dokter.

Polisi saat ini masih menyelidiki pelaku dalam kasus itu. Berikut barang bukti yang disita di lokasi:

Dua juta obat merek zenit carnophen, 10 unit alat mesin pembuat obat, 20 Karung bahan baku jenis microcrystalline, 10 Drum serbuk putih yang dikemas dalam drum, 10 Drum warna biru bertuliskan carisoprodol, 100 drum kosong warna biru, 20 Karung bahan baku jenis accel, 3 Buah tabung kompresor angin, 2 Buah forklift manual, 15 karung bahan baku,  50 Ember kosong berbagai ukuran, 100 bal plastik pembungkus obat carnophen, 50 Bal plastik kemasan. [JEM]



Komentar Pembaca
Anies Pencitraan Pakai Becak

Anies Pencitraan Pakai Becak

RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:00:00

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

SELASA, 16 JANUARI 2018 , 19:00:00

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

SENIN, 15 JANUARI 2018 , 17:00:00

Workshop Media Menyambut Pilkada

Workshop Media Menyambut Pilkada

KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 11:53:00