Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Balawista Pastikan Sejumlah Obyek Wisata di Banten Aman

Pariwisata  JUM'AT, 22 DESEMBER 2017 , 17:07:00 WIB | LAPORAN: ROSIDARTA

Balawista Pastikan Sejumlah Obyek Wisata di Banten Aman

Ilustrasi/Net

RMOL. Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten memastikan, bahwa sejumlah destinasi wisata yang ada di Propinsi Banten, aman untuk dikunjungi wisatawan. Meskipun diakui akhir-akhir ini kondisi cuaca tergolong ekstrem, namun pihaknya memastikan hal itu dinilai tidak membahayakan.

Ketua Umum Balawista Banten, Ade Ervin mengatakan, kendati sering diguyur hujan akan tetapi belum menimbulkan dampak yang berbahaya. Soalnya, kondisi gelombang laut dan angin sejauh ini masih relatif normal.

"Cuaca saat ini masih dikategorikan aman, karena  kami memperhatikan gelombang dan angin, selama ini tidak terlalu besar. Kalau hujan saja belum tentu tidak aman, hujan kan hanya basah saja dan tidak mengandung risiko tinggi," ujar Ade, Jumat (22/12/2017).

Namun demikian, Balawista telah mengantisipasi menghadapi kondisi cuaca buruk, dengan menyampaikan imbauan kepada wisatawan, serta memasang rambu-rambu di sepanjang pantai.

"Kami juga menerjunkan 120 petugas Balawista untuk mengawasi aktivitas wisatawan di 30 destinasi di 5 kabupaten di Banten. Kami juga menurunkan peralatan seperti alat selam dan pelampung," bebernya.

Ade menyebutkan, kawasan yang menjadi perhatian Balawista terletak di kawasan Pantai Anyer dan Cinangka di Kabupaten Serang, Pantai Carita di Pandeglang, serta Pantai Sawarna dan Bagedur di Lebak.

"Prioritas pengawasan kami di lokasi tersebut, karena itu kan wisata ruang terbuka. Berbeda dengan Cilegon yang cenderung tertutup. Apalagi kawasan pantai masih menjadi tujuan favorit wisatawan ke Banten," jelas Ade.

Oleh karenanya, Ade mengingatkan agar wisatawan tetap mengutamakan keselamatan dengan mematuhi aturan yang ditentukan. Kami pastikan aman, yang penting wisatawan masuk kawasan yang ada petugas balawista," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pandeglang, Salman Sunardi meyakini bila kondisi cuaca tidak akan memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke Pandeglang diakhir tahun ini. Ia pun menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung, lantaran telah berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk kepolisian.

"Cuaca mudah-mudahan bisa mendukung, karena saat ini Pandeglang cenderung dilanda hujan. Tetapi kami dengan Dinas Perhubungam serta Polres sudah berkoordinasi menghadapi libur Tahun Baru. Untuk tim di lapangan kami juga sudah mempersiapkan Dalops di titik-titik destinasi wisatawan. Perangkat desa juga kita ajak kerjasama untuk menciptakan kenyamanan," terangnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebutkan beberapa titik lokasi wisata yang akan mengalami lonjakan pengunjung diantaranya Cikoromoy, Cisolong, Karangsari, dan lokasi wisata lain di Carita. Sedangkan volume kedatangan wisatawan akan mulai terjadi pada akhir pekan ini dan akan mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun.

"Titik tujuan utama destinasi di Pandeglang, Cikoromoy, Cisolong, Karangsari, dan lokasi wisata lain di Carita. Puncaknya nanti pada malam tahun baru," katanya optimis. [JEM]



Komentar Pembaca
Anies Pencitraan Pakai Becak

Anies Pencitraan Pakai Becak

RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:00:00

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

SELASA, 16 JANUARI 2018 , 19:00:00

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

SENIN, 15 JANUARI 2018 , 17:00:00

Workshop Media Menyambut Pilkada

Workshop Media Menyambut Pilkada

KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 11:53:00