Tanto Pun Menyayangkan Iklan Rokok di Alun-Alun Pandeglang

Daerah  KAMIS, 11 JANUARI 2018 , 19:48:00 WIB | LAPORAN: ROSIDARTA

Tanto Pun Menyayangkan Iklan Rokok di Alun-Alun Pandeglang

Tanto W Arban, Wakil Bupati Pandeglang/Daday

RMOL. Pandeglang yang saat ini sedang menata diri, mempercantik wajah kotanya. Seakan tercoreng dengan keberadaan iklan billboard salah satu prodak rokok, yang berjejer rapih disertai penerangan (neon box) di kawasan alun-alunnya. Bahkan hal ini pun disikapi sejumlah kalangan, mulai dari aktivis anak, akademisi, maupun anggota DPRD Pandeglang, karena iklan tersebut dianggap tidak mendidik.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto W Arban, saat dimintai tanggapannya, terkait keberadaan iklan billboard rokok yang berada di alun-alun Pandeglang, menegaskan. Secara prinsip, dirinya pun mengaku sangat tidak setuju, terhadap pemasangan iklan rokok di lingkungan alun-alun tersebut, karena kawasan itu, diakuinya selain sebagai area publik, juga kawasan yang ramai dikunjungi anak.

"Pada prinsipnya, saya pun kurang setuju dengan iklan-iklan itu. Apa lagi iklan itu berada di area publik dan ramai dikunjungi anak-anak, serta berdekatan dengan sarana pendidikan. Maka dari itu, kedepan kita akan buat aturan tentang zonasi bagi pengikalan prodak rokok ini, daerah mana saja yang harus bebas dari iklan-iklan itu," jelas Tanto, melalui pesan WA-nya, Kamis (11/1/2018).

Dikatakanya juga, dengan adanya aturan zonasi larangan beriklan prodak rokok tersebut, maka akan jelas aturannya. Dan diharapkan Tanto, aturan zonasi larangan iklan prodak rokok itu, diberlakukan di wilayah perkotaan, seperti di seputaran Kecamatan Pandeglang, Labuan, maupun Carita. Termasuk daerah dengan radius sekian kilometer dari pusat pendidikan.

"Aturan larangan zonasi bebas iklan prodak rokok ini, harus jelas. Sehingga kita bisa memetakannya, mana saja daerah larangan, dan mana saja daerah yang memang bebas untuk di pasang. Kalau tidak salah, kita sudah punya aturan itu, hanya memang kurang spesifik, sehingga butuh revisi atas aturan itu. Yang pasti, saya akan pelajari dulu itu," tambahnya.

Sementara itu, terkait iklan billboard prodak rokok yang saat ini telah terpasang di alun-alun Pandeglang. Tanto mengaku akan secepatnya meminta penjelasan pada instansi yang membidanginya. Yang pasti pihaknya kembali menegaskan, kalau iklan rokok yang di pasang di alun-alun itu, harus segera di kaji ulang terkait kontrak kerjasamanya, bila memungkinkan, maka harus dipindahkan dari lokasi tersebut. [MAN]

Komentar Pembaca
Anies Pencitraan Pakai Becak

Anies Pencitraan Pakai Becak

RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:00:00

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

SELASA, 16 JANUARI 2018 , 19:00:00

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

SENIN, 15 JANUARI 2018 , 17:00:00

Workshop Media Menyambut Pilkada

Workshop Media Menyambut Pilkada

KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 11:53:00