Harga Beras di Pasar Malingping Kian Mencekik

Daerah  JUM'AT, 12 JANUARI 2018 , 18:30:00 WIB | LAPORAN: UJANG ISKANDAR

Harga Beras di Pasar Malingping Kian Mencekik
RMOL. Pemerintah segera turun tangan menangani harga beras di daerah Lebak Selatan (Baksel) yang harganya kian melambung. Warga di Baksel mulai menjerit dengan tingginya harga beras di pasaran.
 
Di pasar Malingping berdasarkan pantauan LSM Gempar harga beras termurah mencapai Rp.10.000,-/liter, yang tadinya hanya Rp.7000,-/liter.
 
Arah, salah seorang warga Malingping mengeluhkan terjadinya kenaikan harga beras ini.
 
"Biasanya walaupun harga beras naik tetapi tidak seberapa, sekarang mencapai hingga naik 30 persen," ujar Arah.
 
Sedangkan Dodi warga Cikadu Desa Malingping Utara menilai, dengan naiknya harga beras di pasaran menjadi problem warga.
 
"Beras salah satu bahan pokok utama kami. Melonjaknya harga beras imbasnya banyak, bisa warga mengeluh dengan kenaikan harga yang melambung tinggi, sedangkan kebutuhan dapur bukan beras saja,” ujar Dodi kepada RMOL.
 
LSM Gempar melalui Ketua Umumnya, Bucek, pada saat dihubungi melalui telepon seluler mengatakan, kemungkinan hal ini terjadi karena banyak gagal panen pada musim yang lalu, selain itu tidak menutup kemungkinan ada penimbunan.
 
"Dari pengamatan kami, secara nasional di berbagai daerah mengalami hal yang sama, kenaikan harga beras yang melambung. Kami meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan segera turun ke lapangan," jelas Bucek.
 
Menyikapi keluhan warga baksel, lanjut Bucek, jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan ke depan akan naik lebih tinggi lagi.
 
"Beberapa opsi tindakan pemerintah menurut kami diantaranya segera melakukan Operasi Pasar (OP), Rastra segera didistribusikan dan jika diperlukan impor beras. Opsi impor adalah langkah jika diperlukan mendesak. Untuk itu program dari kementerian, dinas provinsi maupun kabupaten, sektor pertanian perlu dievaluasi agar lebih baik," pungkas Bucek. [ryan]


Komentar Pembaca
Anies Pencitraan Pakai Becak

Anies Pencitraan Pakai Becak

RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:00:00

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

SELASA, 16 JANUARI 2018 , 19:00:00

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

SENIN, 15 JANUARI 2018 , 17:00:00

Workshop Media Menyambut Pilkada

Workshop Media Menyambut Pilkada

KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 11:53:00