Suku Adat Baduy, Ikuti Penyuluhan Hukum Kanwil Banten

Daerah  JUM'AT, 12 JANUARI 2018 , 19:05:00 WIB | LAPORAN: R. DEDE

Suku Adat Baduy, Ikuti Penyuluhan Hukum Kanwil Banten
RMOL. Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten, Ajub Suratman didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kepala Lapas Pemuda Tangerang dan Pejabat eselon 3 kanwil Banten dan petugas Rumah Tahanan Negara Klas IIB Rangkasbitung, Mengunjungi Suku Adat Baduy guna mewujudkan Desa dan Warga Sadar Hukum, rombongan diterima Jaro Desa Kanekes, dewan adat dan tokoh masyarakat di Rumah Dinas Kepala Desa Kanekes, Ciboleger, Lewidamar Lebak Banten, Jum'at (12/01)

Sebanyak ratusan Warga Desa Kanekes hadir dalam kegiatan tersebut. hadir juga anggota kepolisian sektor Lewidamar dan Tokoh Adat Baduy.

Dalam sambutanya, Kakanwil Banten menyampaikan bahwa kedatanganya ke Suku Adat Baduy adalah untuk silaturahmi dan mengenal lebih dalam Suku Adat Baduy. Selain itu kami membawa misi memberikan penyuluhan hukum agar terwujudnya Desa Sadar Hukum.

"wilujeng enjing, hatur nuhun ka Warga Kanekes Baduy, kami sudah diizinkan berkunjung kesini, utamanya bisa silaturahmi dan saling mengenal disini. diluaran desa sana sudah ada deda sadar hukum, dan kami harapkan disini juga tidak kalah, kan nanti luar biasa kalau Adat Budaya Baduy, Desa Kanekesnya bisa menjadi Desa Sadar Hukum" ujar Kakanwil.

lebih lanjut, Ajub sapaan akrab kakanwil banten menyampaikan baduy yang dikenal dengan aturan adatnya, bisa nanti lebih memahami aturan hukum yang berlaku, terutama menyangkut Hak Asasi Manusia seperti hak mendapatkan Pendidikan, Pelayanan Hukum, Kesehatan, Kesejahteraan dan hak lainnya, semoga hak diantara semua itu bisa didapatkan Warga Baduy" harap ajub.

Senada dengan harapan Kakanwil Banten, Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Sri Kurniati Handayani Pane, menyampaikan maksud dan tujuan yang sama berkunjung ke Suku Adat Baduy.

"Harapan kami kedepan Desa Kanekes bisa menjadi Desa Sadar Hukum, bahwa ada aturan hukum, ada hak yang ditegakan, ada organisasi bantuan hukum. Selanjutnya kami harap nanti terbentuk kelompok warga untuk mwwujudkan Desa Sadar Hukum," pungkas Nuning, sapaan akrabnya.

Sementara, Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija (akrabnya) menyampaikan, Warga Baduy Kanekes bersama tokoh masyakat adat baduy berterimakasih atas kedatangan dari Kanwil Kemnterian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Ya, hatur nuhun (terimakasih) dan salam hormat kami kesemuanya, jami disini miliki aturan hukum adat dan tentunya kami siap ikuti program pemerintah, itu wujudkan Desa Sadar Hukum" ujar Jaro saija. [ryan]

Komentar Pembaca
Anies Pencitraan Pakai Becak

Anies Pencitraan Pakai Becak

RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:00:00

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

SELASA, 16 JANUARI 2018 , 19:00:00

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

SENIN, 15 JANUARI 2018 , 17:00:00

Workshop Media Menyambut Pilkada

Workshop Media Menyambut Pilkada

KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 11:53:00