Akibat Tongkang Terdampar

Perairan Carita Tercemari Tumpahan Batu Bara

Pariwisata  JUM'AT, 12 JANUARI 2018 , 19:17:00 WIB | LAPORAN: ROSIDARTA

Perairan Carita Tercemari Tumpahan Batu Bara

Tumpahan Batu Bara Dari Tongkang di Pantai Carita/Daday

RMOL. Kawasan Pantai dari Karangsari sampai Lippo Carita, saat ini kondisi pantainya menghawatirkan. Pasalnya, di perairan pantai tersebut terdapat Tongkang Camar Laut 3303 pengangkut batu bara yang hendak dikirim ke PLTU 2 Banten-Labuan, terdampar sejak Kamis (11/1/2018) kemarin. Sehingga matrial batu bara yang tertumpahkan itu, membuat air laut berwarna pekat.

Kapal Tongkang pengangkut batu bara, yang rencananya akan didistribusikan ke PLTU 2 Banten, Kecamatan Labuan tersebut, berasal dari Kalimantan. Akibat cuaca saat itu yang tergolong ekstrim, dengan tingginya kecepatan angin, mengakibatkan Tongkang itu pun terdampar ke perairan dangkal. Dampaknya, kawasan pantai dari mulai Karangsari hingga Lippo Carita, tidak lagi bisa digunakan untuk berenang.

"Dari yang saya ketahui, kejadian Tongkang Camar Laut 3303 yang terdampar itu, sejak Kamis kemarin, sebagian matrial batu baranya yang tumpah itu, mengakibatkan perairan disini menjadi kotor, bahkan banyak matrial batu bara itu, yang sampai ke sisi pantai akibat terbawa gelombang laut," jelas Ketua Balawista Banten, Ade Ervin saat dihubungi melalui telpon selulernya, Jumat (12/1/2018).

Ketua Balawista Banten ini pun meminta, agar pihak PLTU maupun pihak penyedia batu bara bertanggung jawab dan segera lakukan tindakan pembersihan perairan maupun pantai di kawasan Carita tersebut. Karena dampak dari tumpahan matrial batu bara, selain dapat mencemari biota laut, juga mengganggu aktivitas wisatawan dalam berwisata ke Pantai Carita.

"Kami berharap pihak penyedia batu bara, maupun pihak PLTU 2 Banten bertanggung jawab, dan segera lakukan tindakan untuk mengembalikan kondisi perairan pantai Carita yang tercemari oleh tumpahan batu bara tersebut. Karena hal ini jelas sangat mengganggu sektor kepariwisataan, serta merugikan masyarakat secara umum," tegas Ade. [ryan]

Komentar Pembaca
Anies Pencitraan Pakai Becak

Anies Pencitraan Pakai Becak

RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:00:00

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

50 Ribu Advokat Akan Boikot KPK

SELASA, 16 JANUARI 2018 , 19:00:00

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

Beras Mahal, Rakyat Irit Makan

SENIN, 15 JANUARI 2018 , 17:00:00

Workshop Media Menyambut Pilkada

Workshop Media Menyambut Pilkada

KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 11:53:00