Ganjil Genap Di Tol Jakarta-Merak Diberlakukan

Ekbis  MINGGU, 15 APRIL 2018 , 20:21:00 WIB | LAPORAN: RUKMAN NURHALIM MAMORA

Ganjil Genap Di Tol Jakarta-Merak Diberlakukan

FOTO : RMOL Banten

RMOL. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ Kementerian Perhubungan, melakukan uji coba ganjil genap di Tol Tangerang-Jakarta atau dikenal dengan Tol Janger.

Agar pada pelaksanaannya nanti kebijakan itu efektif, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi didampingi Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany dan Plt Walikota Tangerang Yusuf, Minggu (15/4) melakukan sosialisasi.

Kebijakan itu sendiri mulai diberlakukan pada Senin (16/4) meliputi Tol Tangerang 2 Kebon Nanas dan Kunciran 2 Alam Sutera mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

Dalam acara sosialisasi mereka menyapa para pengemudi yang melintas masuk dari arah Tangerang-Jakarta. Beberapa brosur terkait kebijakan ganjil genap juga diberikan kepada pengendara di depan gerbang Tol.

"Kita tahu hasil yang sudah diterapkan di Bekasi. Volume mobilnya turun banyak mencapai 36 persen, sedangkan kecepatannya naik," ucap Budi Karya.

Menurut Budi, ini menujunkan contoh yang baik. Sejumlah pihak pun memberikan apresiasi.. Dia mengaku ingin mengedukasi masyarakat dengan langkah yang baik. Seperti transportasi massal yang diupayakan, sekarang bisa menggunakan BRT," kata Budi.

Budi berharap agar masyarakat bisa beralih ke transportasi massal. Transportasi massal yang sudah disediakan di Tangerang harus dimanfaatkan oleh warga.

"Sudah disediakan bus di sejumlah mal untuk ke Jakarta. Seperti yang ada di Alam Sutera, Flavor Bliss dan BSD," ungkapnya.

Ia menyebut kebijakan ganjil genap ini juga hanya diterapkan dalam waktu tiga jam saja. Pihaknya pun akan melakukan analisis, terlebih volume kendaraan di Tangerang tidak sebanyak di Bekasi.

"Tidak ada sanksi untuk yang melakukan pelanggaran. Kita baik-baik saja mengingatkan," paparnya.

Bagi masyarakat yang setiap harinya terbiasa menggunakan kendaraan pribadi dan melintas di jalur Tol Janger bisa menggunakan kendaraan umum yang sudah bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan.

Ada tiga armada yang disediakan, yakni Sinar Jaya, PPD dan Royal Trans yang siap mengantar masyarakat ke tujuannya dengan jumlah armada sebanyak 20 unit.

"Bagi developer ini merupakan salah satu upaya. Saya apresiasi upaya ini. Supaya ini tidak membuat susah masyarakat. Agar apa yang kita lakukan bisa lebih baik," pungkasnya.[mor]

Komentar Pembaca
Sahabat Rocky Gerung Melawan!

Sahabat Rocky Gerung Melawan!

KAMIS, 19 APRIL 2018 , 11:00:00

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Rizal Ramli, Sang Ngofa Tidore

Rizal Ramli, Sang Ngofa Tidore

SENIN, 16 APRIL 2018 , 19:00:00

Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00

Sambut Pianis Cilik Dari Korut

Sambut Pianis Cilik Dari Korut

SENIN, 09 APRIL 2018 , 18:30:00