Asik, Padarincang Akan Jadi Kampung Duren

Pariwisata & Budaya  SELASA, 15 MEI 2018 , 21:21:00 WIB | LAPORAN: WIDIAN VEBRIANTO

Asik, Padarincang Akan Jadi Kampung Duren

Foto/RMOLBanten

RMOLBanten.  Daerah Padarincang akan menjadi kawasan agrowisata, pemerintah Kabupaten Serang. Durian atau lebih akrab disebut Duren akan menjadi andalan daerah ini.

Demikian disampaikan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah usai penanaman Pohon Durian di Kampung Cibawang, Desa Cibojong, Padarincang, Rabu (15/05).

"Pemkab Serang menyambut baik gagasan Direktur Polair AKBP Nunung Syaifudin mencanangkan daerah Padaraincang ini sebagai daerah agrowisata," katanya.

Menurut Tatu, tanaman perkebunan yang akan dikembangkan di wilayah tersebut adalah durian. Sehingga, nantinya menjadi usaha yang bisa dikembangkan masyarakat sekitar.

Padarincang tanahnya subur dan memiliki potensi untuk perkembangan durian,” ungkapnya.

Perkebunan durian, kata Tatu akan menjadi destinasi wisata alternative. Setelah diketahui bahwa Kabupaten Serang memiliki destinasi wisata Anyer, Cinangka dan Curug di sekitar Padarincang.

"Kan disini juga ada air terjun, mudah-mudahan bisa jadi destinasi wisata di bidang agro, sekarang kita coba 250 pohon dulu” imbuhnya.

Sementara itu, Nunung Syaifudin mengatakan, jenis durian tersebut bernama durian Sangsang yang merupakan hasil okulasi tiga jenis durian yakni Musangking, Petruk dan juga Bawor.

Dari satu batang ada 3 akar sudah kami coba dan buahnya juga sudah dimakan. Hasilnya tidak mengecewakan,” ujarnya.

Menurutnya, kampung durian akan mejadi pilot project di Provinsi Banten dengan memanfaatkan luas lahan 2 hektar dan membagikan bibit durian kepada masyarakat.

"Agar masyarakat bisa menanam durian di halaman rumahnya dan wisatawan bisa datang untuk metik buahnya sendiri,” ujarnya.

Masih kata Nunung, bibit durian diperoleh dari Banyumas sebagai penghasil durian unggulan. Pihaknya juga mengajak tokoh masyarakat, ulama dan petugas penyuluhan Kabupaten Serang untuk menanam durian.

Karena kita ingin Banten menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Sehingga, kalau kita lihat dijalan durian yang kita makan hasil dari produk sendiri,” katanya.

Selain itu, tokoh masyarakat Padarincang, Jarkasih berharap, kampung durian bisa menghidupkan ekonomi warganya dengan dorongan dari Pemkab Serang dan menjadi kampung durian percontohan bagi daerah lain.

Saya senang Bupati Serang bisa menengok kampung saya. Semoga, hasil dari silaturahmi ini menghasilkan yang terbaik bagi semuanya,” tuturnya. [dzk]



Komentar Pembaca
Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

MINGGU, 04 NOVEMBER 2018 , 08:39:00

Bengkel Motor Kasih Sayang

Bengkel Motor Kasih Sayang

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 17:16:00

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 18:47:00

The ads will close in 10 Seconds