Hati-hati Makanan Berbahaya Beredar di Tangsel

BPOM Temukan Formalin dan Rhodamin

Kota Tangerang Selatan  RABU, 16 MEI 2018 , 09:36:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Hati-hati Makanan Berbahaya Beredar di Tangsel

Foto/RMOLBanten


Makanan dinyatakan berbahaya setelah diuji pemeriksaan UPT Labkesda Kita Tangsel dengan BPOM Banten, Rabu, (16/5).

Pernyataan itu disampaikan Kepala Seksi Pemeriksaan, Penyidikan, Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen (Pemdik Serlik) BPOM Banten Faizal Mustofa.

"Dari dua puluh makanan yang kami periksa, ada empat makanan dari pedagang berbeda mengandung zat berbahaya. Tiga diantaranya mengandung formalin," katanya.

Sementara satu jenis makanan lain, kata Mustofa,  mengandung zat rhodamin atau  zat kimia yang sering terkandung di dalam hasil barang industri tekstil.

"Tiga makanan yang mengandung formalin yaitu dua jenis cumi asin dari pedagang yang berbeda. Sementara satu lainnya adalah mie basah. Sementara yang megandung rhodamin adalah bahan makanan terasi," ujar dia.

Saat ini BPOM terus melakukan pemeriksaan di sejumlah titik bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan beberapa stakeholder pemegang kepentingan di Kota Tangsel.
    
Lebih lanjut, beredarnnya makanan berbahaya di Pasar, Pemkot sudah melakukan koordinasi dengan Satgas Pangan yang memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi terhadap pedagang yang terbukti melakukan kecurangan.

Sidak tidak hanya dilakukan di satu tempat saja. Melainkan juga di pasar modern, pusat perbelanjaan yang menjadi tujuan masyarakat untuk membeli kebutuhannya. Sidak akan terus dilakukan sampai lebaran yang akan datang. Untuk memastikan masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya. [dzk]


Komentar Pembaca
Pimpin Rapat

Pimpin Rapat

SENIN, 04 JUNI 2018 , 17:20:00

Ngomongin Kebangkitan Nasional

Ngomongin Kebangkitan Nasional

MINGGU, 20 MEI 2018 , 23:24:00

Safari Ramadhan

Safari Ramadhan

KAMIS, 24 MEI 2018 , 11:26:00