Pendidikan Untuk Anak Kurang Mampu Harus Jadi Prioritas

Pendidikan  RABU, 13 JUNI 2018 , 03:12:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Pendidikan Untuk Anak Kurang Mampu Harus Jadi Prioritas

Istimewa

RMOLBanten. Berasal dari keluarga yang tidak mampu secara finansial, tidak menghalangi Hikmatullah untuk mengejar mimpi dan meraih prestasi.

Hikmat, begitu teman-teman menyapanya, adalah anak keenam dari pasangan Mursiah dan Nasa. Pasangan suami istri ini bekerja sebagai buruh. Nasa bekerja menjadi buruh tani di Desa Bulakan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Nasa menggarap sawah milik orang lain dengan sistem bagi hasil, 50:50.

Sedangkan Mursiah berjualan makanan kecil. Kadang  berjualan hasil dari rumput laut yang diolah menjadi agar agar. Mursiah bekerja untuk membantu mencari nafkah sang suami untuk menafkahi seluruh anggota keluarga.

Hikmat adalah sosok yang gigih dan tak pernah merasa minder. Setelah mendapatkan bantuan sosial berupa Jamsosratu dari Pemprov Banten, kehidupan keluarga ini pun menjadi lebih baik. Sehingga bisa menyekolahkan anak anaknya.

Hikmat tercatat menjadi santri di Pondok Pesantren Darul Anwar dari tahun 2013 hingga lulus tahun 2016 dengan ijazah terakhir Madrasah Aliyah di MA Darul Anwar Boarding School. Kemudian dia melanjutkan program tahfidz selama 1 tahun di tempat yang sama.

"Dengan kegigihan dan semangat yang tinggi meraih cita cita untuk menjadi seorang guru Bahasa Inggris, Hikmat mengajukan diri menjadi mahasiswa beasiswa di STKIP Al Hikmah Surabaya, terang salah seorang pendamping Jamsosratu, Yadi Suryadi yang memantau keluarga itu, belum lama ini.

Melalui proses seleksi yang ketat selama dua kali tahap, Hikmat berhasil lulus dengan nilai terbaik dan berhak mendapatkan beasiswa S1 sampai selesai dan diberi fasilitas laptop untuk belajar, asrama yang bersih, makan dan uang saku.

Kepala Seksi Jaminan Sosial dan Keluarga pada Dinsos Provinsi Banten, Budi Darma menerangkan, banyak potensi anak-anak usia sekolah yang orangtuanya penerima bantuan Jamsosratu maupun PKH yang berprestasi.

"Setidaknya ini menjadi indikator keberhasilan program-progrm penanggulangan kemiskinan yg dilaksanakan oleh Pemprov Banten. Saya berharap OPD yang menangani sektor pendidikan dapat bersinergi dengan Dinsos untuk memastikan suistanabilitas program terlaksana dengan baik," paparnya.

Artinya, kata dia, anak-anak usia sekolah penerima Jamsosratu maupun PKH, hendaknya menjadi prioritas Dinas Pendidikan Provinsi Banten untuk memfasilitasi keberlanjutan pendidikan mereka.[mor]

Komentar Pembaca
Kenangan Terakhir Bersama Memo

Kenangan Terakhir Bersama Memo

SABTU, 01 JUNI 2019 , 21:00:00

Selamat Jalan Bu Ani

Selamat Jalan Bu Ani

SABTU, 01 JUNI 2019 , 13:00:00

Soenarko Korban Rekayasa?

Soenarko Korban Rekayasa?

JUM'AT, 31 MEI 2019 , 13:00:00

Senyum Usai PKB

Senyum Usai PKB

KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:22:00

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

SABTU, 27 APRIL 2019 , 17:29:00

Kemenangan Indonesia

Kemenangan Indonesia

SABTU, 20 APRIL 2019 , 00:27:00

The ads will close in 10 Seconds