Sisa TKA Cina Di PT Semen Merah Putih 132 Orang

Ekbis  SENIN, 18 JUNI 2018 , 17:10:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Sisa TKA Cina Di PT Semen Merah Putih 132 Orang

Al Hamidi/net

RMOLBanten. Seratus lebih tenaga kerja asing (TKA) asal China masih bekerja di PT Semen Merah Putih, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Para TKA itu hampir semuanya bekerja di pelabuhan untuk kepentingan perusahaan tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten, Al Hamidi, Senin (18/6) mengatakan, saat ini jumlah TKA dari China yang bekerja di PT Semen Merah Putih sudah berkurang drastis, jika dibandingkan pada saat proses pembangunan dan produksi awal.

"Tadinya TKA dari China yang kerja di Semen Merah Putih jumlahnya sekitar 975 orang, dan sekarang hanya 132 orang," katanya.

Ia menjelaskan, seratus lebih TKA itu saat ini sedang mengerjakan pembangunan pelabuhan yang dikerjakan oleh PT China Herbert Indonesia (CHI).

"Ada juga dibagian produksi, hanya sebagian kecil saja, tetapi kebanyakan bikin pelabuhan oleh CHI," ungkapnya.

Masih menurut dia, sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat yang memiliki kewenangan melakukan pengawasan tenaga kerja, pihaknya secara berkala melakukan pemantauan secara langsung.

"Kita lakukan pengecekan secara rutin, kita lihat persyaratan dan kelengkapan dokumennya juga. Hasil pengawasan kita, yang saat ini masih di Semen Merah Putih, semuanya resmi," ujarnya.

Meski demikian, Al Hamidi mengharapkan partisipasi masyarakat dan semua pihak, jika ditemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh TKA, baik di Semen Merah Putih maupun perusahaan-perusahaan lainnya.

"Semua bentuk informasi yang kami terima, akan kita tindak lanjuti. Peran serta dari masyarakat, LSM (lembaga swadaya masyarakat, red) atau teman-teman media sangat kami butuhkan," tandasnya.[mor] 

Komentar Pembaca
Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Ceramah Ustaz Adi Hidayat

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

Jokowi Menunduk Ke Mega

Jokowi Menunduk Ke Mega

KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 16:35:00

Airin Jenguk Anak Buah

Airin Jenguk Anak Buah

SELASA, 22 JANUARI 2019 , 10:39:00

The ads will close in 10 Seconds