Ciptakan Rasa Aman Wisatawan, Basarnas Banten Siapkan Lima Posko

Pariwisata & Budaya  JUM'AT, 22 JUNI 2018 , 10:53:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Ciptakan Rasa Aman Wisatawan, Basarnas Banten Siapkan Lima Posko

Foto : Ist

RMOLBanten. Pertolongan cepat terhadap warga dan wisatawan di kawasan objek wisata air yang mengalami kecelakaan, sudah dan akan terus dilakukan Tim Basarnas Banten.

Bahkan selama musim liburan tahun ini Basarnas  menyiapkan lima Posko. Kelima Posko itu terdiri dari Posko induk di Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten, Posko Merak di Dermaga 6 Merak, Posko Pantai Anyer, Posko Pantai Carita dan Posko Pantai Bagedur di wilayah Banten selatan.

Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin mengatakan, selain menyediakan Posko, Basarnas Banten juga menyiagakan satu unit helikopter yang standby sampai dengan H+6. Basarnas juga sudah bekerja sama dengan TNI AL yang bermarkas di Dermaga Indah Kiat Merak.

"Selain pemantauan udara lewat helikopter, kita juga adakan pemantauan atau pengamanan lewat laut dengan Rigit Inflatable Boat," katanya kepada redaksi, Jumat (22/6).

Dikatakan Zaenal, dari pantauan Basarnas untuk lokasi wisata yang ada di wilayah Banten sangat padat. Puluhan bahkan ratusan ribu wisatawan menikmati libur pascalebaran yang tersebar di beberapa pantai di Banten.

"Meski selama liburan tersebut ada beberapa kasus wisatawan yang terseret ombak di beberapa tempat wisata, namun dapat diselamatkan oleh petugas yang berada di Posko masing-masing dan Alhamdulillah sampai saat ini belum ada laporan korban meninggal," bebernya.

Zaenal berharap kepada para wisatawan untuk mematuhi aturan dan peringatan yang diberikan petugas di lapangan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga liburan dapat berjalan lancar dan aman.

Selain menempatkan petugas di Posko, Basarnas juga bekerja sama dengan unsur-unsur yang lain, seperti  kepolisian, TNI, BPBD, PMI, Balawista dan lainnya.[mor]

Komentar Pembaca
Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Ceramah Ustaz Adi Hidayat

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

Jokowi Menunduk Ke Mega

Jokowi Menunduk Ke Mega

KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 16:35:00

Airin Jenguk Anak Buah

Airin Jenguk Anak Buah

SELASA, 22 JANUARI 2019 , 10:39:00

The ads will close in 10 Seconds