Januari 2019, Lebak Dipimpin Pejabat Bupati, Loh?

Daerah  KAMIS, 05 JULI 2018 , 18:52:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Januari 2019, Lebak Dipimpin Pejabat Bupati, <i>Loh?</i>

Ino S Rawita

RMOLBanten. Kabupaten Lebak kembali akan dipimpin Penjabat (Pj) selama kurang lebih dua bulan pada.

Persoalannya, masa bakti Bupati dan Wakil Bupati Lebak saat ini, Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi selesai 19 Januari tahun depan. Sementara jadwal pelantikan serentak terdekat dilaksanakan pada 20 Maret ini.

Mantan Penjabat sementara (Pjs) Bupati Lebak yang saat ini menjabat Asisten Daerah (Asda) II Banten Ino S Rawita, Kamis (5/7) mengatakan, selain adanya pilkada serentak, jadwal pelantikan hasil pesta demokrasi pun dilaksanakan serentak. Jika mengacu pada hal tersebut ada masa kekosongan kepemimpinan di Lebak.

Januari beliau (Iti-Ade) itu tanggal 19 Januari habis masa tugasnya, lima tahun. Kelihatannya itu nanti ada pelantikan di jadwal nasional pada 20 Maret dan 20 April. Jadi ada jeda (kekosongan kepemimpinan) lagi,” katanya.

Ia menjelaskan, agar tidak ada kekosongan kepemimpinan maka posisi kepala daerah akan diisi oleh seorang bupati sementara. Jika mengacu pada aturan yang ada maka posisi itu akan ditempati oleh salah seorang pejabat Pemprov Banten.

Berbeda saat Ino yang pada masa kampanye Pilkada Serentak 2018 yang ditugaskan menjadi  Pjs, nantinya Lebak akan ditempati seorang Pj Bupati. Adapun perbedaan Pj dan Pjs terletak pada posisi saat ditugaskan. Penempatan Pjs dilakukan saat bupati devinitif berhalangan sementara sedangkan Pj dilakukan saat posisi kepala daerah benar-benar kosong.

Bukan penjabat sementara tapi penjabat. Jadi dilantiknya pakai baju bupati (setelan putih-putih). Pj nantinya akan bertugas sampai bupati hasil pilkada dilantik,” imbuhnya.

Selain Kabupaten Lebak, kata dia, pengisian kepala daerah sementara juga kemungkinan besar akan dilakukan di daerah lainnya. Pasalnya, pemerintah menginginkan adanya Pilkada Serentak seluruh daerah pada 2024.

Makannya nanti ada Pj dua tahunan dan 2024 semua habis sama-sama. Ke depan semua terus (pilkada serentak), se-Indonesia massal (pilkada dan pelantikkannya),” ungkapnya.

Disinggung apakah dirinya bersedia jika ditunjuk sebagai Pj Bupati Lebak, Ino mengaku siap menjalankannya. Seperti diketahui, Ino ditunjuk menjadi Pjs Bupati lebak selama masa kampanye Pilkada Lebak yang bertugas sejak 15 Februari hingga 23 Juni.

Tergantung Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur yang mengusulkan ke Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Saya selaku ASN ditugaskan oleh pimpinan selalu siap. Dimana pun ditugaskan, saya siap melaksanakannya,” tuturnya.

Kepala Biro Pemerintahan Banten Gunawan Rusminto mengatakan, di Banten penunjukan Pj kepala daerah saat ini dilakukan di Kabupaten Tangerang. Adapun yang mendapat tugas tersebut adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin.

Bupati Tangerang habis masa bhakti pada 23 Maret dan langsung diisi oleh Pj bupati yang dilantik langsung oleh Pak Gubernur. Masa kerjanya itu sekitar 8 bulan," ungkapnya. [dzk]



Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds