Ini Alasan Puskesmas Kragilan Serang Harus Dipindah

Kesehatan  RABU, 11 JULI 2018 , 23:40:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Ini Alasan Puskesmas Kragilan Serang Harus Dipindah

Sri Nurhayati

RMOLBanten. Dinas Kesehatan Kabupaten Serang berencana akan memindahkan Puskesmas Kragilan, ke Pasar Kragilan Lama di Jalan Jakarta-Serang, Kabupaten Serang.

Pemindahan dikarenakan kondisi yang tidak memadai sementara pasien semakin membludak.

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Kabuten Serang Sri Nurhayati, kepada wartawan (Rabu, 11/7).

"Bangunan yang sempit dan kurang memadai sementara jumlah masyarakat yang berobat semakin membludak menjadi alasan Puskemas ini harus dipindah," katanya

Pemindahan Puskesmas lanjut Sri Nurhayati, juga karena akreditasi puskesmas dan pelayanan kesehatan yang harus segera dicapai dan direalisasikan.

Puskesams Kragilan lokasinya seperti itu (kurang ideal). Disana kita bisa lihat sendiri, mau dibangun ke depan tidak bisa, ke belakang tidak bisa, ke atas sudah dua tingkat, parkirannya tidak ada, sudah nggak ideal,” ujarnya.

Untuk itu, terang dia, Puskesmas Kragilan ini harus dipindah ke tempat lain. Pihaknya bersama Pemerintah Daerah, memiliki rencana pemindahan Puskesmas tersebut di lahan Pasar lama Kragilan.

Namun hal itu bisa direalisasikan jika, para pedagang di pasar tersebut pindah ke Pasar Kragilan yang baru di Desa Kandayakan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.

"Alhamdulillah sudah ada Detail Engginering Design (DED), di perubahan, mudah-mudahan, harapan besar saya 2019 sudah realisasi. Tunggu kemampuan APBD saja,” ungkapnya.

Puskesmas Kragilan, yang baru, sambungnya, harus memiliki standar ideal, termasuk disediakan tempat kesling, ruang IGD dan bangunan penunjang lainnya. Sementara untuk anggaran yang disediakan, Sri  melihat DED yang sudah dirancang.

Anggaran tergantung di DED, karena soal harga itu relatif. Kami inginnya yang ideal dan berstandar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Abdul Wahid membenarkan bahwa, Pasar Kragilan lama akan digunakan untuk pembangunan Puskesmas Kragilan yang baru. Menurutnya, masyarakat sudah menerima dan siap pindah apabila realisasi pembangunan Puskesmas dilaksanakan.

Dari Desa sudah siap. Kami sudah siapkan pasar Kragilan yang baru. Semetara Pasar Kragilan Lama akan digunakan untuk membangun Puskesmas,” ujarnya. [dzk]



Komentar Pembaca
Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

MINGGU, 04 NOVEMBER 2018 , 08:39:00

Bengkel Motor Kasih Sayang

Bengkel Motor Kasih Sayang

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 17:16:00

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 18:47:00

The ads will close in 10 Seconds