Gantikan Ranta, WH Pilih Asda II Jadi Plt Sekda

Daerah  SELASA, 17 JULI 2018 , 17:53:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Gantikan Ranta, WH Pilih Asda II Jadi Plt Sekda

Ino S Rawita/Net

RMOLBanten. Teka-teki siapa Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Banten menggantikan Ranta Soeharta yang maju sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Nasional Demokrat (Nasdem), akhirnya terjawab.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Banten secara langsung menyebutkan yang akan menjadi Plt Sekda adalah salah satu asisten daerah (Asda) di Pemprov.

"Plt (Sekda Banten), salah satu asisten dari asisten yang ada di Banten," katanya.
 
Meski WH tidak menyebutkan siapa orang tersebut, tetapi Asda yang dimaksud olehnya adalah Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) yakni Ino S Rawita.
 
"Pertimbangannya nggak ada. Karena deket aja. Yah, yang sebelumnya pernah di Lebak," katanya saat ditanya apakah Plt Sekda Banten yang merupakan dari Asda itu adalah Ino S Rawita.
 
Untuk diketahui, Ino S Rawita sebelumnya pernah ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Lebak, menggantikan sementara, Iti Octavia-Ade Sumardi yang cuti kampanye pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023.
 
Masih menurut WH, Ranta sudah memberitahu dirinya secara langsung tadi pagi. "Tadi Pak Sekda sudah lapor, dan tadinya saya tahu nya dari koran (pencalegan Rantan, red)," ujarnya.
 
Dengan dipilihnya Asda II Pemprov Banten Ino S Rawita, dengan demikian proses lelang atau open bidding jabatan Sekda Banten pada tahun 2015, dimana ada tiga nama yang lolos yakni, Kurdi Matin, Eneng Nurcahyati dan Ranta Soeharta tidak dipakai dasar oleh WH sebagai penunjukan Plt Sekda Banten.
 
Dari tiga nama tersebut, Kurdi dicopot jabatanya pada saat Rano Karno menjabat  Plt Gubernur Banten, Ranta Soeharta dinyatakan mundur karena maju sebagai Caleg Nasdem untuk Derah Pemilihan (Dapil) Banten II meliputi, Kabupaten/Kota Serang dan Kota Cilegon. Sedangkan Eneng Nurcahyati saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Banten. [dzk]


Komentar Pembaca
Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 18:00:00

Indonesia Harus Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

Indonesia Harus Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 19:00:00

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 15:00:00

Airlangga Bertemu SBY, Istana Khawatir?

Airlangga Bertemu SBY, Istana Khawatir?

RABU, 11 JULI 2018 , 21:26:00

Dua Artis Cantik Bawa Obor Asian Games

Dua Artis Cantik Bawa Obor Asian Games

KAMIS, 12 JULI 2018 , 00:16:00

Skuad Cendana

Skuad Cendana

SABTU, 16 JUNI 2018 , 13:42:00