Berbekal Modal Jamsosratu, Irnawati Produksi Jahe Instan

Ekbis  RABU, 18 JULI 2018 , 09:13:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Berbekal Modal Jamsosratu, Irnawati Produksi Jahe Instan

Istimewa

RMOLBanten. Irnawati, salah seorang penerima bantuan program Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) dari Pemprov Banten mungkin bisa jadi inspirasi bagi penerima bantuan sosial lainnya.

Warga Kampung Soge, RT 012/RW 004, Desa Talok, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang ini memproduksi jahe instan dan dipasarkan melalui media sosial (Medsos) dengan modal awal dari dana Jamsosratu. Berbekal keyakinan dan tekad kuat serta pendampingan dari Dinas Sosial Provinsi Banten, Irnawati berhasil meningkatkan taraf perekonomian keluarganya menjadi lebih baik.

Irnawati yang tinggal di rumah beratapkan rumbia dan berdinding bilik bambu bersama satu orang putranya, Rasya Putra, tetap semangat mengejar harapan dan cita-cita. Sejak menerima Jamsosratu, dia mulai memberanikan diri membuka usaha produksi jahe instan. Dengan modal keterampilan memproduksi jahe 'emprit' hasil dari pelatihan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang, pada tahun 2018 dirinya mampu membuktikan bahwa kehidupan dan cara pandang penerima bantuan sosial bisa berubah dan bangkit dari keterpurukan.

Dengan dibantu putranya Irnawati memanfaatkan facebook dan whatsapp ia memasarkan jahe instan hasil produksinya. Alhasil, sedikit demi sedikit pesanan dari pembeli berdatangan.

Kepala Seksi Jaminan Sosial dan Keluarga (Jamsoskel) pada Dinas Sosial Provinsi Banten, Budi Darma, Rabu (18/7) mengaku bangga dan bahagia melihat kemauan dan kemampuan serta kerja keras penerima manfaat Jamsosratu tersebut, untuk berusaha bangkit dari keterpurukan.

"Setidaknya ini membuktikan bahwa perubahan mindset (cara pandang) ada berkat program Jamsosratu. Seperti diketahui bersama bahwa bantuan sejenis, baik itu Jamsosratu maupun PKH (program keluarga harapan) memang salah satunya bertujuan untuk merubah mindset warga kurang mampu penerima manfaat untuk dapat bangkit dari keterpurukan," katanya.

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Banten Berakhlaq

Banten Berakhlaq

MINGGU, 21 OKTOBER 2018 , 14:24:00

Jokowi Dan Andika Di Temu Karya Nasional

Jokowi Dan Andika Di Temu Karya Nasional

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 19:20:00

Abuya Muhtadi Bersama Gubernur Banten

Abuya Muhtadi Bersama Gubernur Banten

MINGGU, 26 AGUSTUS 2018 , 00:57:00

The ads will close in 10 Seconds