Di Kabupaten Serang Ade Rai Paparkan Manfaat Hidup Sehat

Ekbis  KAMIS, 19 JULI 2018 , 22:52:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Di Kabupaten Serang Ade Rai Paparkan Manfaat Hidup Sehat

Istimewa

RMOLBanten. BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung melakukan sosialisasi program JKN-KIS bersama Brand Ambasaddor, Ade Rai di PT Nikomas Gemilang, Kabupaten Serang, Kamis (18/7).

Sosialisasi yang mengusung tema ‘Pegawai Sehat, Produktivitas Meningkat’ ini dihadiri Serikat Pekerja dan Direksi PT Nikomas Gemilang dengan menghadirkan Ade Rai sebagai Brand Ambasaddor BPJS Kesehatan sebagai pembicara, didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang, Sofyeni.

Sofyeni mengungkapkan pentingnya kesadaran masyarakat, terutama karyawan karena mempengaruhi produktivitas kerja. Selain itu, sejauh ini terjadi ketidakseimbangan antara iuran JKN dengan biaya pelayanan kesehatan. sehingga, perlu dikontrol angka peserta yang sehat dibandingkan sakit, terutama biaya pelayanan cenderung besar.

Sosialisasi ini membuat masyarakat maupun karyawan sadar untuk hidup sehat. Ini perlu terus digalankan sehingga pembengkakan biaya pelayanan dapat diminimalisir. Program ini mulia, tetapi tidak bisa berjalan jika orang sehatnya tidak lebih banyak. Semoga PT Nikomas Gemilang dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain yang turut aktif menjadi anggota JKN-KIS,” ungkap Sofyeni.

Pola kerja program JKN-KIS, terang dia, menganut sistem gotong royong. Artinya, biaya pelayanan orang sakit dibantu oleh orang sehat. Seperti, satu pasien demam berdarah dibantu 80 orang sehat, satu pasien sectio caesaria dibantu 135 orang sehat dan lainnya.

Dibutuhkan 5.882 orang peserta sehat untuk kelas 3 dengan iuran Rp25 ribu per orang. Itu untuk membiayai satu orang operasi jantung dengan biaya sekitar Rp150 juta. Maka, program tersebut memerlukan iuran peserta sehat untuk membantu peserta sakit. Hal itu memerlukan upaya meningkatkan kesehatan masyarakat,” papar Sofyeni.

Lebih lanjut Sofyeni menjelaskan, program JKN bukan hanya pengeluaran saja, melainkan investasi. Dalam jangka pendek bisa meningkatkan output dan tenaga kerja sektor lain. Lalu, jangka panjang mampu menambah modal manusia melalui peningkatan angka harapan hidup, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dalam Kesempatan tersebut, Ade Rai juga mengimbau agar masyarakat segera mendaftar sebagai peserta JKN-KIS sebelum sakit. Selain itu pria yang memiliki nama asli I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai itu menjelaskan, pola hidup sehat itu tidak harus menunggu momen yang tepat.
 
Dengan keinginan dan niat yang kuat, orang bisa menjalankan pola hidup sehat saat itu juga. Pada dasarnya tubuh kita bisa hidup hingga 100 tahun jika kita tidak semena-mena dengan tubuh. Makannya, jika ada yang bertanya kapan usia yang tepat untuk hidup sehat, maka jawabannya adalah sekarang,” tegasnya. [mor]


Komentar Pembaca
Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 18:00:00

Indonesia Harus Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

Indonesia Harus Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 19:00:00

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 15:00:00

Airlangga Bertemu SBY, Istana Khawatir?

Airlangga Bertemu SBY, Istana Khawatir?

RABU, 11 JULI 2018 , 21:26:00

Dua Artis Cantik Bawa Obor Asian Games

Dua Artis Cantik Bawa Obor Asian Games

KAMIS, 12 JULI 2018 , 00:16:00

Skuad Cendana

Skuad Cendana

SABTU, 16 JUNI 2018 , 13:42:00