Dahnil: Pemisahan Sel Khusus Kasus Korupsi Picu Sel Mewah Lainnya

Hukum  MINGGU, 22 JULI 2018 , 13:53:00 WIB | LAPORAN: WIDYA VICTORIA

Dahnil: Pemisahan Sel Khusus Kasus Korupsi Picu Sel Mewah Lainnya

Dahnil Anzar Simanjuntak/Net

RMOLBanten. Penjara khusus narapidana kasus korupsi tidak diperlukan hanya karena ada fakta diskriminasi mencolok seperti temuan tim penindakan KPK di Lapas Sukamiskin, Bandung.
Pernyataan teresebut disampaikan pendiri Madrasah Antikorupsi, Dahnil Anzar Simanjuntak, seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (22/7).

Dahnil berpendapat, pemisahan justru memicu kasus sel mewah di Lapas Sukamiskin dan diduga juga terjadi di beberapa lapas dengan narapidana berduit banyak.

"Oleh karena itu agaknya setiap narapidana korupsi dipenjarakan satu sel bersama-sama dengan narapidana lain, maling ayam, pemerkosa dan kejahatan-kejahatan lainnya, sehingga tidak ada penjara dengan ruang privat," saran Dahnil.

Dahnil juga mendorong audit lapas secara terbuka yang bisa juga diakses semua pihak melalui media sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah, dalam hal ini Menteri Hukum dan HAM. Dengan begitu, perbaikan pelayanan di lapas lebih adil dan berkeadilan serta berfungsi  dengan benar sebagai lembaga pembinaan para narapidana.

"Bukan justru menjadi tempat melahirkan tindak pidana-pidana baru,' imbuh Dahnil yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. [dzk]


Komentar Pembaca
Bebaskan WNI

Bebaskan WNI

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 06:59:00

Progres Tol Serpong-Kunciran

Progres Tol Serpong-Kunciran

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 14:08:00

Tamu Mahasiswa

Tamu Mahasiswa

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 20:56:00

The ads will close in 10 Seconds