Bersatu Padu Demi Kemanusiaan

Opini  SELASA, 07 AGUSTUS 2018 , 02:05:00 WIB | OLEH: JAYA SUPRANA

Bersatu Padu Demi Kemanusiaan

Foto: Net

PETANG hari Minggu 5 Agustus 2018, gempabumi 7 SR mengguncang Nusa Tenggara Barat. Sampai dengan saat naskah ini saya tulis, tercatat 91 warga meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Ribuan warga mengungsi ke tempat yang  lebih aman. Aparat gabungan terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempabumi.

DAMPAK

Daerah yang terparah terkena dampak gempa adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram. Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi NTB, dari 82 orang meninggal dunia, korban berasal dari Kabupaten Lombok Utara 65 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang.

Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Di saat penanganan darurat dampak gempa 6,4 SR masih berlangsung, terutama di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur, tiba-tiba masyarakat diguncang gempa dengan kekuatan yang lebih besar.

Masyarakat panik dan berhamburan di jalan-jalan dan bangunan dan rumah yang sebelumnya sudah rusak akibat gempa sebelumnya menjadi lebih rusak dan roboh. Apalagi ada peringatan dini tsunami menyebabkan masyarakat makin panik sehingga pengungsian terjadi di banyak tempat.

Korban luka-luka banyak yang dirawat di luar puskesmas dan rumah sakit karena kondisi bangunan yang rusak. Selain itu gempa susulan terus berlangsung. Hingga Minggu, 5 Agustus 2018, pukul 22.00 WIB terjadi 47 kali gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil.

BMKG menyatakan bahwa gempa 7 SR tadi adalah gempa utama dari rangkaian gempa sebelumnya. Artinya kecil kemungkinan akan terjadi gempa susulan dengan kekuatan yang lebih besar.

Tim SAR gabungan masih terus melakukan evakuasi dan penyisiran. Kondisi malam hari dan sebagian komunikasi yang mati menyebabkan kendala di lapangan. Diperkirakan korban terus bertambah. Jumlah kerusakan bangunan masih dilakukan pendataan.

DARURAT

Penanganan darurat terus dilakukan. BNPB bersama BPDB, TNI, Polri, Basarnas, Kementerian PU Pera, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian BUMN, SKPD, NGO, SLM relawan terus melakukan penanganan darurat.

TNI akan memberangkatkan tambahan pasukan dan bantuan, khususnya bantuan kesehatan yaitu tenaga medis, obat-obatan, logistik, tenda dan alat komunikasi pada 6/8/2018 pagi.

Fokus utama saat ini adalah pencarian, penyelamatan dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak gempa serta pemenuhan kebutuhan dasar. Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenaga medis, air bersih, permakanan, selimut, tikar, tenda, makanan siap saji, layanan trauma healing dan kebutuhan dasar lainnya.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah di wilayah Lombok Utara, Lombok Timur, dan Mataram akan diliburkan pada 6 Agustus 2018 karena dikhawatirkan bangunan sekolah membahayakan siswa.  

BERSATU PADU

Melalui naskah sederhana yang dimuat RMOL ini, dengan penuh kerendahan hati saya memohon perkenan teman-teman seTanah-Air-Udara yang sedang sibuk mempersiapkan diri menghadapi perebutan kekuasaan pada pemilihan umum 2019 dengan saling bermusuhan, membenci, menghujat, memfitnah, mengkriminalisasi dan angkara murka lain-lainnya, berkenan segera menghentikan  pemecah-belahan bangsa.

Marilah kita semua  mengalihkan segenap enerji lahir-batin untuk bersatupadu demi kemanusiaan dengan masing-masing kemampuan melakukan upaya membantu mengurangi penderitaan sesama warga bangsa Indonesia yang jatuh sebagai korban gempa bumi di Nusa Tenggara Barat.[***]

Penulis adalah warga Indonesia prihatin atas penderitaan para korban gempa bumi di NTB.


Komentar Pembaca
Malumologi Jerman

Malumologi Jerman

SENIN, 13 AGUSTUS 2018

Prihatin Nasib Petani Indonesia

Prihatin Nasib Petani Indonesia

JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018

Fenomena Kampret Vs Cebong

Fenomena Kampret Vs Cebong

SABTU, 04 AGUSTUS 2018

Kelirumologi Fasisme

Kelirumologi Fasisme

RABU, 01 AGUSTUS 2018

Insya Allah, Pak Gub Anies Tidak Nyapres
Malumologi Dursasana

Malumologi Dursasana

MINGGU, 29 JULI 2018

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 18:00:00

Indonesia Harus Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

Indonesia Harus Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 19:00:00

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 15:00:00

Airlangga Bertemu SBY, Istana Khawatir?

Airlangga Bertemu SBY, Istana Khawatir?

RABU, 11 JULI 2018 , 21:26:00

Dua Artis Cantik Bawa Obor Asian Games

Dua Artis Cantik Bawa Obor Asian Games

KAMIS, 12 JULI 2018 , 00:16:00

Skuad Cendana

Skuad Cendana

SABTU, 16 JUNI 2018 , 13:42:00