Kerjasama Setneg, Pemprov Banten Dapat Lahan Pinjaman Di TMII

Pariwisata & Budaya  SELASA, 07 AGUSTUS 2018 , 21:06:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Kerjasama Setneg, Pemprov Banten Dapat Lahan Pinjaman Di TMII

Foto: IST

RMOLBanten. Anjungan Provinsi Banten diharapkan dapat jadi sarana promosi Banten dan meningkatkan perolehan pendapatan asli daerah (PAD).

Untuk memaksimalkan itu, Pemprov menjalin kerja sama dengan Sekretariat Negata (Setneg) perihal pinjam pakai lahan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten Nandy Mulya S, mengatakan, saat ini anjungan Provinsi Banten sudah ada di TMII dan dikelola oleh Kantor Penghubung Daerah Provinsi Banten. Sejak dibangun, status lahannya tidak jelas.

Sekarang sudah jelas. Pemprov Banten dan Setneg buat kerjasama pinjam pakai lahan yang diatasnya ada anjungan banten di TMII,” katanya, Selasa (7/8).

Nandy menjelaskan, dengan kerja sama pinjam pakai tersebut maka fungsi anjungan Banten akan dilakukan optimalisasi. Anjungan bisa dijadikan sarana promosi Banten dan secara tidak langsung mengajak masyarakat luas untuk berkunjung ke provinsi paling Barat di Pulau Jawa ini.

Optimalkan fungsi anjungan Banten untuk promosi Banten. Baik itu di bidang pariwisata, budaya, program inovatif dan lain sebagainya. Bisa juga jadi potensi PAD Banten,” katanya.

Dengan potensi tersebut, kata dia, maka sangat wajar pengoptimalan anjungan Provinsi Banten di TMII mendapat dukungan dari APBD.
Akuntabel kalau kita membangun dan memelihara dengan dana APBD,” ungkapnya.

Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah mengatakan, memang sudah selayaknya Pemprov Banten menggali sumber pendapatan daerah lainnya. Pemprov diminta tak hanya mengandalkan pajak kendaraan bermotor saja.

Tidak hanya berkutat pada pajak kendaraan bermotor tapi pajak dan retribusi-retribsi yang lainnya juga. Kemudian berinovasi membuka keran pendapatan daerah lainnya,” tuturnya.

Untuk upaya peningkatan PAD juga diakui Asep, dirinya pernah mengusulkan kepada pemprov untuk menggelar survei potensi pajak di Banten. Saya sering meminta diadakan survei independen supaya potensi-potensi bisa ditindaklanjuti oleh regulasi tambahan seperti perda dan segala macam,” pungkasnya. [dzk]



Komentar Pembaca
Bebaskan WNI

Bebaskan WNI

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 06:59:00

Progres Tol Serpong-Kunciran

Progres Tol Serpong-Kunciran

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 14:08:00

Tamu Mahasiswa

Tamu Mahasiswa

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 20:56:00

The ads will close in 10 Seconds