Tangsel Bebas Pasung, Dinkes Bentuk Tim Kesehatan Jiwa

Kesehatan  RABU, 08 AGUSTUS 2018 , 12:06:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Tangsel Bebas Pasung, Dinkes Bentuk Tim Kesehatan Jiwa

Benyamin Davnie

RMOLBanten. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan membentuk tim pelaksanaan kesehatan jiwa.

Tim ini dibentuk untuk mendukung program Indonesia Bebas Pasung.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, sesuai dengan undang-undang Nomor 23 tahun 1966 tentang Kesehatan Jiwa menyatakan pasien dengan gangguan jiwa yang terlantar harus mendapatkan perawatan dan pengobatan di tempat perawatan.

"Pemerintah pusat meminta masyarakat untuk tidak melakukan pemasungan terhadap penderita gangguan jiwa. Seharusnya diserahkan ke rumah sakit jiwa," Katanya saat membuka acara pembentukan tim pelaksanaan kesehatan jiwa di Puspiptek, Setu pada Rabu, (8/8).

Untuk itu, Benyamin menghimbau Camat dan Lurah agar aktif untuk penanggulangan warganya yang ganguan jiwa  dilingkungannya.

Untuk penanganan di Kota Tangsel, kata Benyamin, Pemkot memberdayakan 28 puskesmas yang tersebar. Selain itu, RSU juga harus menyediakan tempat tidur sehingga bisa merawat orang dengan masalah kejiwaan (OMDK). Sementara RSJ merupakan rujukan jika tidak dapat tertangani.

"Saya mengajak semua pihak untuk bekerjasama dengan penanganan OMDK ini," katanya.[dzk]

Komentar Pembaca
Bebaskan WNI

Bebaskan WNI

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 06:59:00

Progres Tol Serpong-Kunciran

Progres Tol Serpong-Kunciran

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 14:08:00

Tamu Mahasiswa

Tamu Mahasiswa

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 20:56:00

The ads will close in 10 Seconds