Purna DKC Gelar Donor, 66 Kantung Darah Terkumpul

Kesehatan  RABU, 08 AGUSTUS 2018 , 19:01:00 WIB | LAPORAN: RUKMAN NURHALIM MAMORA

Purna DKC Gelar Donor, 66 Kantung Darah Terkumpul

Istimewa

RMOLBanten. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama sekaligus menjalankan program sosial, Purna Dewan Kerja Cabang (PDKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Pandeglang menggelar bakti sosial dalam bentuk donor darah, yang digelar di SMK Husada Pandeglang, Rabu (8/8).

Program sosial yang baru pertama kali diadakan dengan mengusung tema 'Setetes Darah Anda Bukti Cinta Kepada Sesama" itu diikuti oleh masyarakat umum, pelajar dan kalangan pendidik.

Ketua Purna Dewan Kerja Cabang (PDKC) Kabupaten Pandeglang, A Wahyudin Manaf di sela-sela kegiatan menuturkan, kegiatan tersebut sengaja digelar guna memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat.
 
"Meski terlihat sangat kecil, namun kegiatan donor darah ini memiliki manfaat yang luar biasa. Khususnya bagi mereka yang membutuhkan darah. Sekaligus membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Pandeglang dalam memenuhi ketersedian darah," terangnya.

Irwandi Suherman Koordinator Donor Darah mengatakan, dengan mendonorkan darah secara berkala, akan membuat pendonor lebih sehat.  Mengingat tubuh secara berkala akan memperbaharui sel-sel darah secara alami. 

"Dengan demikian, tubuh akan terlihat jauh lebih segar dan sehat serta produktif melakukan berbagai aktivitas," jelasnya.
 
Menurut Irwandi, dari kegiatan tersebut berhasil terkumpul sebanyak 66 kantung darah. Dari jumlah tersebut, didominasi golongan darah O dan A. Berdasarkan catatan panitia, kata dia, ada 117 orang yang mendaftar sebagai pendonor. Namun  hanya 66 orang yang berhasil menyumbangkan darahnya.
 
"Yang tercatat dalam data ada 117 orang yang mendaftar sebagai calon pendonor akan tetapi hanya 66 orang yang berhasil menyumbangkan darahnya  Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat mendonorkan darahnya. Salah satunya pendonor yang mengalami darah sukar membeku atau hemofilia," terangnya. [mor]
 

Komentar Pembaca
Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 18:00:00

Indonesia Harus Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

Indonesia Harus Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 19:00:00

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 15:00:00

Airlangga Bertemu SBY, Istana Khawatir?

Airlangga Bertemu SBY, Istana Khawatir?

RABU, 11 JULI 2018 , 21:26:00

Dua Artis Cantik Bawa Obor Asian Games

Dua Artis Cantik Bawa Obor Asian Games

KAMIS, 12 JULI 2018 , 00:16:00

Skuad Cendana

Skuad Cendana

SABTU, 16 JUNI 2018 , 13:42:00