Polres Ciamis Dituntut Ganti Rugi Rp 1 Miliar, Kasus Apa?

Hukum  SENIN, 10 SEPTEMBER 2018 , 22:10:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Polres Ciamis Dituntut Ganti Rugi Rp 1 Miliar, <i>Kasus Apa?</i>

Kuasa Hukum Titi Juwita/Rizki

RMOLBanten. Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh (Unigal) Ciamis Titi Juwita melalui kantor pengacara Syaifullah dan Keluarga resmi mendaftarkan praperadilan di pengadilan negeri Ciamis Kelas 1B Kabupaten Ciamis.

Dalam praperadilan tersebut ditujukan kepada Polres Ciamis yang dianggap telah melakukan penetapan kliennya sebagai tersangka dengan terburu-buru.

Dirut Kantor Hukum Syaifullah and Keluarga Law Firm Syaifullah mengatakan, permohonan pra peradilan ini sudah disampaikan sejak seminggu yang lalu ke pengadilan negeri Ciamis.

"Pengajuan ini atas status tersangka oleh Polres Ciamis terhadap Tita Juwita atas aduan Rektor Unigal Riyad Subatra. Kita belum yakin alat bukti yang dimiliki kepolisian itu cukup baik," katanya di Ciamis, Senin (10/9).

Pra peradilan ini, lanjut, Syaifullah sebagai pembelajaran hukum bagi publik Ciamis agar mengetahui hukum di Ciamis.

"Kita akan uji alat bukti itu apakah sah menurut hukum ataupun tidak, akan kita lihat di pengadilan," tuturnya.

Dalam pra peradilan ini, kata Syaiful, pihaknya yakin akan dikabulkan gugatannya. Pihaknya akan memghadirkan ahli hukum pidana yang langsung memberikan kesaksian di sidang pra peradilan.

"Yang keduanya kita sebagai masyarakat punya hak yang istimewa dalam hal ini sebagai control. Kita punya cukup alat bukti yang akan mengcounter alat bukti yang dimiliki oleh polisi sehingga kita yakin akan dikabulkan," tuturnya.

Pihaknya juga dalam praperadilan nanti, menuntut kepolisian mengganti kerugian materi dan imateril dengan membayar kerugian  senilai Rp 1 miliar.

"Polisi harus meminta maaf kepada klien kita dua hari berturut-turut di media lokal sebagai bukti bahwa mereka bersalah," ujarnya.

Sementara itu, Staff Kejaksaan Negeri Kelas 1B Ciamis Diny Kusumiawaty membenarkan adanya pendaftaran sidang pra peradilan dengan tergugat Polres Ciamis.

"Iyah benar ada mas, dengan nomor register : No 2/Pid.pra/2018/pncms.  Prosesnya seminggu setelah pendaftaran menunggu  penetapan majlis hakim," ujarnya. [dhn]




Komentar Pembaca
Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Demokrat: Artikel Asia Sentinel Abal-abal

Demokrat: Artikel Asia Sentinel Abal-abal

SENIN, 17 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Cilegon Diganjar Penghargaan Kota Layak Anak

Cilegon Diganjar Penghargaan Kota Layak Anak

SELASA, 24 JULI 2018 , 10:23:00

WH Buka Seminar APPSI

WH Buka Seminar APPSI

KAMIS, 26 JULI 2018 , 13:50:00

Potong Sapi Qurban

Potong Sapi Qurban

RABU, 22 AGUSTUS 2018 , 09:51:00