Bupati Pandeglang: Kita Bersama-Sama Lestarikan Badak Jawa

Kabupaten Pandeglang  SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 16:19:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Bupati Pandeglang: Kita Bersama-Sama Lestarikan Badak Jawa

Irna Narulitaati/Net

RMOLBanten. Hewan satwa Badak Jawa Bercula Satu perlu dijaga habitatny supaya tidak punah. Di dunia hewan jenis ini jumlahnya terbatas dan hanya ada di Kabupaten Pandeglang. Untuk itu, seluruh komponen baik masyarakat maupun pemerintah harus sama-sama menjaga kelestariannya.

Demikian ajakan Bupati Pandeglang Irna Narulita peringatan Hari Badak Sedunia (World Rhino Day) dilaksanakan di Kampung Taman Jaya, Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Jum'at (21/9).

"Badak Jawa adalah titipan Allah jangan sampai punah, harus dijaga dan dilestarikan. Hal ini tentu kewajiban semua pihak yang ikut serta dalam pelestariannya," katanya dikutip dari Instagram Humas Pandeglang.

Menurut Irna, masyarakat merupakan garda terdepan dalam menjaga kelestarian Badak Jawa agar tidak terjadi kepunahan. Sebab itu, Irna menyarankan masyarakat yang memiliki ternak Kerbau ataupun domba harus memiliki kandangnisasi agar tidak mengganggu populasi Badak Jawa.

"Kita sama-sama jaga kelestarian Badak ini," katanya.

Sementara Kepala Taman Nasionap Ujung Kulon (TNUK ) Pandeglang Mamat Rahmat mengatakan, peingatan Hari Badak Sedunia yang ketiga kalinya secara berturut-turut setiaptahunnya. Kata Mamat, untuk Badak Cula Satu ada 67 ekor saja yang termonitor dengan rutin oleh pihak TNUK.

Mamat berharap, pada peringatan Hari Badak Seeunia ini ada harapan baru bagi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian Badak.

"Tidak mungkin Badak lestari jika masyarakatnya tidak sejahtera. Untuk itu kami punya moto Leweung Hejo Masyarakat Ngejo atau Hutan Hijau dan masyarakatnya tenang memasak nasi , " tuturnya.

Sedangkan, Direktur Konservasi Keaneka Ragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup Indra Ekploytasia Semiawan mengatakan, dirinya berharap Badak Jawa tidak bernasib sama dengan Harimau Jawa.

"Kita harus bersama melestarikan dan pemanfaatan berkelanjutan dalam keanekaragaman hayati. Peran pemerintah daerah dan masyarakatlah yang kami inginkan, sehingga semua habitat yang ada di Taman Ujung Kulon dapat lestari," katanya.

"Mudah -mudahan pada Hari Badak sedunia ini, Indonesia dapat menunjukan kepada dunia bahwa Badak Jawa hidup lestari di alamnya," katanya. [dhn]

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds