Masyarakat Harus Ikut Awasi Biaya Politik Pileg Dan Pilpres

Politik  JUM'AT, 05 OKTOBER 2018 , 00:58:00 WIB | LAPORAN: DEDE HERMAWAN

Masyarakat Harus Ikut Awasi Biaya Politik Pileg Dan Pilpres

Fahri Hamzah/Net

RMOLBanten. Pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, masyarakat harus ikut awasi, utamanya  anggaran. Pasalnya, anggaran yang digunakan sangat besar.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah pada acara  Dialektika Demokrasi ‘Keuangan Politik dalam Pemilu, Bagaimana Menghindari Dana Haram?’ di media center DPR, Kamis (4/10).

Pembicara lainnya Wakil Ketua Komisi II, Herman Khaeron dan Anggota Komisi XI Johnny G Plate.

Menurut dia,  besarnya anggaran pembiayaan politik jelang pemilu presiden dan pileg, jadi catatan tersendiri agar bisa diawasi secara maksimal oleh masyarakat.

Fahri Hamzah mengatakan masyarakat perlu diberitahukan kalau biaya politik untuk Pileg dan Pilpres sangat besar sekali dan tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya.

"Terutama yang menyangkut sumber dana yang diperoleh oleh kandidat calon saat pemilu, entah itu sumbangan dari pengusaha atau perusahaan. Semua harus bisa diaudit agar tidak memicu potensi korupsi di masa mendatang,” kata Fahri Hamzah.

Dia juga menegaskan  keuangan dan pembiayaan politik itu harus bersih dan jelas dari awal.

Menurut  Fahri hal ini sangat penting agar kelak pemimpin yang terpilih tidak melakukan politik utang budi terhadap para pihak yang memberikan sumbangan. [dhn]


Komentar Pembaca
Bebaskan WNI

Bebaskan WNI

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 06:59:00

Progres Tol Serpong-Kunciran

Progres Tol Serpong-Kunciran

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 14:08:00

Tamu Mahasiswa

Tamu Mahasiswa

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 20:56:00

The ads will close in 10 Seconds