Relawan Jokowi Jangan Larut Eforia, Tapi Teruslah Bekerja

Dukungan Elite Daerah Bukan Jaminan

Politik  SELASA, 09 OKTOBER 2018 , 10:08:00 WIB | LAPORAN: DARMANSYAH

Relawan Jokowi Jangan Larut Eforia, Tapi Teruslah Bekerja

Raya Desmawanto/Net

RMOLBanten. Meski dukungan sejumlah kepala daerah pada pasangan Jokowi-Ma'ruf marak, relawan meminta tidak larut dalam eforia. Pasalnya, dukungan elite daerah tidak menjamin mewakili suara akar rumput.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Dewan Eksekutif Nasional Relawan Jokowi Center Indonesia (RJCI), Raya Desmawanto kepada wartawan, Selasa (9/10). Menurutnya, dalam hal dukungan kepala daerah kepada capres petahana seperti ke Jokowi merupakan hal yang lazim dan lumrah dalam politik.

"Kita ucapkan terimakasih seraya berharap dukungan politik itu adalah sungguh-sungguh dan konkret untuk menggerakkan potensi suara menuju pemenangan Jokowi-Ma'ruf. Tapi, sebaiknya kita juga tidak larut dalam euforia dukungan elit daerah tersebut," katanya.

Raya menegaskan, pihaknya tetap menyerukan agar para relawan dan simpatisan tidak lengah dan larut dalam euforia dukungan elit penguasa daerah.

Apalagi jika kepala daerah yang memberi dukungan tersebut tidak memiliki kinerja yang baik dalam membangun daerah yang dipimpinnya selama ini.

Secara khusus, RJCI juga mengingatkan soal adanya potensi kepala daerah yang sedang menghadapi kasus hukum, baik sebagai terperiksa, saksi maupun terlapor.

"Jangan sampai kesannya mereka ingin mendapat perlindungan. Presiden tidak pernah mengintervensi penegakkan hukum. Lihat saja faktanya, kepala daerah yang berasal dan didukung parpol koalisi, juga ditangkapi oleh penegak hukum termasuk KPK. Jadi, jangan sampai dukungan itu dikaitkan dengan mencari suaka hukum," ujar Raya.

Raya menambahkan, RJCI akan bekerja setia di level grass root (akar rumput), khususnya pada kelompok pemilih mengambang yang hingga saat ini masih belum menentukan pilihan atau ragu dalam memutuskan pilihan.

Menurut Raya, bekerja di level akar rumput hasilnya lebih terukur, taktis dan langsung menyentuh pemilih.

"Kegiatan advokasi, pendampingan dan sosialisasi program pemerintahan, penangkalan kampanye hitam dan hoax terhadap pemerintah akan terus kita kerjakan sampai pilpres mendatang. Kita meyakini, suara akar rumput akan menentukan kemenangan Jokowi-Ma'ruf," tandasnya. [dhn]

Komentar Pembaca
Fakta Dan Pertanyaan Seputar Pertemuan Jokowi-Moffet

Fakta Dan Pertanyaan Seputar Pertemuan Jokowi-Moffet

JUM'AT, 22 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Karyawan Pertamina Tolak Dikambinghitamkan Penguasa

Karyawan Pertamina Tolak Dikambinghitamkan Penguasa

KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

Jokowi Menunduk Ke Mega

Jokowi Menunduk Ke Mega

KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 16:35:00

Airin Jenguk Anak Buah

Airin Jenguk Anak Buah

SELASA, 22 JANUARI 2019 , 10:39:00

The ads will close in 10 Seconds