Pernyataan Amien Copot Kapolri Bernuansa Politis

Politik  RABU, 10 OKTOBER 2018 , 13:11:00 WIB | LAPORAN: IDHAM ADHARI

Pernyataan Amien Copot Kapolri Bernuansa Politis

Edi Hasibuan/Net

RMOLBanten. Desakan Amien Rais agar Jokowi mencopot Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian dinilai bermuatan politis jelang pilpres 2019.

Hal itu disampaikan Direktur Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu, (10/10). Menurutnya, jika memang terlibat suap, tentu harus dibuktikan dengan fakta hukum.

Menurut saya pernyataan Amien kuat nuansa politisnya, karena menjelang Pilpres,” kata Edi.

Jika hanya berdasarkan investigasi, sambung Edi, tentunya harus didukung dengan institusi lembaga yang memiliki kewenangan dalam penegakan hukum seperti Kepolisian dan Kejaksaan Agung.

Sehingga tidak hanya jadi asumsi yang tidak ada dasarnya, Karena (investigasi itu) belum tentu benar. Perlu dibuktikan secara hukum,” pungkas Edi.

Dugaan suap Basuki ke Tito pernah ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya. Namun, Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Adi Deriyan, menyampaikan bahwa Basuki Hariman mengaku tidak pernah memberi uang kepada Tito.

Sumbernya dari mana? Pak Basuki. Kami tanya langsung ke Pak Basuki, apakah dia benar pernah memberikan apa yang tercatat dalam buku merah. Jawaban Pak Basuki apa? Tidak pernah. Thats it. Selesai. Kalau sumbernya saja bilang tidak pernah, masak kita harus bilang ada,” jelas Adi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (8/10).

Adapun buku merah yang merupakan catatan transaksi keuangan berisi nama-nama penerima suap yang diduga dirusak oleh dua mantan penyidik KPK dari Kepolisian, AKBP Roland Ronaldy dan Kompol Harun, telah dijadikan barang bukti di Pengadilan.

"Begini loh bos, sekarang buku merah merah itu dijadikan barang bukti di Pengadilan. Dijadiin barbuk (barang bukti) di Pengadilan. Enggak ada apa-apa kan? Berjalan lancar saja Pengadilan itu. Benar enggak?," jelas Adi. [dhn]

Komentar Pembaca
Fakta Dan Pertanyaan Seputar Pertemuan Jokowi-Moffet

Fakta Dan Pertanyaan Seputar Pertemuan Jokowi-Moffet

JUM'AT, 22 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Karyawan Pertamina Tolak Dikambinghitamkan Penguasa

Karyawan Pertamina Tolak Dikambinghitamkan Penguasa

KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

Jokowi Menunduk Ke Mega

Jokowi Menunduk Ke Mega

KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 16:35:00

Airin Jenguk Anak Buah

Airin Jenguk Anak Buah

SELASA, 22 JANUARI 2019 , 10:39:00

The ads will close in 10 Seconds