Duh Yang Lulus Tes Komputer CASN Banten Rendah Sekali

Dari 5.216 Yang Daftar, 149 Yang Lolos

Daerah  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 20:43:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Duh Yang Lulus Tes Komputer CASN Banten Rendah Sekali

Tes CAT/Net

RMOLBanten. Hasil computer assitend test (CAT) atau seleksi kompetensi dasar dalam penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) di lingkungan Provinsi Banten yang memenuhi nilai ambang batas atau lolos passing grade sebanyak 149 peserta atau  9 persen.
      
''Yang lolos 'passing grade' sekitar 9 persen untuk di provinsi. Tapi itu juga nasional. Kami nanti tetap akan laporkan kepada pimpinan, ini hasilnya seperti ini, nanti kebijakan apa yang akan diambil itu tergantung pimpinan nanti," kata Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Ganis Diponegoro ditemui usai rapat denga  Komisi I DPRD Banten,  Kamis (8/11).
     
Menurur Ganis, dari jumlah pendaftar yang mengikuti seleksi CAT untuk formasi di Provinsi Banten sebanyak 5.216 orang peserta, sementara yang lolos hanya sekitar 149  peserta.

Rendahnya peserta yang memenuhi nilai ambang batas tersebut, kata Ganis, dari sebanyak 294 formasi yang disiapkan untuk Pemprov Banten masih banyak yang kemungkinan belum terpenuhi atau belum terisi.
      
''Dari sekitar 149 yang lolos passing grade tersebut juga belum diketahui untuk jabatan apa saja. Kemungkinan ada beberapa formasi yang kosong atau tidak masuk sama sekali passing grade-nya. Jadi yang lolos 149 peserta itu, belum tentu diterima,"terangnya.
      
Ganis mengatakan, sebagian besar kelemahan yang terdapat dalam CAT tersebut pada tes karakteristik pribadi (TKP) yang tidak memenuhi standar nilai minimal yakni 143 point, sedangkan untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes intelegensi umum (TIU) perolehan nilainya relatif  banyak yang memenuhi standar minila yakni 75 untuk TWK dan 80 untuk TIU.
      
''Rata-rata kelemahannya di TKP. Mungkin saja standar nilainya terlalu tinggi, karena untuk memperoleh nilai minila 143 itu jawaban yang benar harus minimal 26 dari 33 pertanyaan terkait TKP ini," kata Ganis.
      
Meskipun nilai hasil CAT ini masih rendah, kata dia, pihaknya akan tetap melaporkan kepada Sekda Banten selaku ketua Pansel di Provinsi Banten, untuk menentukan langkah selanjutnya dalam menyikapi hasil tes tersebut.
      
"Karena ini sifatnya secara nasional juga seperti ini. nanti kami menunggu kebijakan dari BKN, langkah apa yang akan dilakukan untuk mengatasinya. Meskpin kami juga sudah memiliki formulasinya, sebagai langkah antisipasi," paparnya.
      
Ganis mengatakan, tes CAT CPNS Tahun 2018 di Banten secara umum berjalan lancar dan tertib. Bahkan, pihak panitia seleksi yang berlokasi di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Banten, memberikan pelayanan terbaik bagi sekitar 31 ribu peserta tes dari seluruh wilayah Banten termasuk yang mendaftar di pemerintah kabupaten/kota.
      
''Seluruhnya se-Banten itu ada sekitar 31 ribu peserta tes dan Alhamdulillah berjalan lancar. Besok hari terakhir tes untuk yang daftar di lingkungan Pemkot Cilegon," pungkasnya. [dhn] 


Komentar Pembaca
Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

MINGGU, 04 NOVEMBER 2018 , 08:39:00

Bengkel Motor Kasih Sayang

Bengkel Motor Kasih Sayang

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 17:16:00

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 18:47:00

The ads will close in 10 Seconds