Teguhkan Peran Mahasiswa, Formabas Gelar Sekolah Kebangsaan

Politik  SABTU, 10 NOVEMBER 2018 , 10:02:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Teguhkan Peran Mahasiswa, Formabas Gelar Sekolah Kebangsaan

Formabas/RMOL

RMOLBanten. Meneguhkan peran mahasiswa dalam pembangunan bangsa serta membangkitkan semangat perjuangan bagi kalangan mahasiswa, Forum Mahasiswa Banten Selatan (Formabas) melaksanakan sekolah kebangsaan di Pandeglang, Jumat (9/11).

Agenda yang diikuti puluhan mahasiswa yang tersebar dari beberapa perguruan tinggi di Banten ini mengambil tema "Guardian Of Value Pembangunan Bangsa" dan dibuka oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang Yangto.

Dalam paparannya Yangto menuturkan, bahwa mahasiswa merupakan iron stok yang artinya akan menggantikan posisi pejabat pengusaha dan penggerak masyarakat.

"Mahasiswa harus dilatih sejak awal yang suka menulis buat kegiatan menulis, yang suka berwirausaha bikin pelatihan wirausaha," katanya.

Sementara itu, Advokat Banten Nandang Wira Kusumah yang saat itu hadir meminta kepada para mahasiswa agar meniru perjuangan para pahlawan.

Menurutnya, dahulu para pahlawan berjuang melawan penjajah. Namun kini, berjuang bagi para mahasiswa diartikan dengan belajar tekun dan tidak mudah menyerah.

"Pemuda selalu tampil di depan terbukti dari sejak tahun 1928 dan pemuda berperan dalam merebut kemerdekaan. Peristiwa Rengas dengklok jadi saksi pemuda merebut kemerdekaan itu," ujarnya.

Saat ini, kata Nandang, mahasiswa harus mampu menjaga dan merawat serta menggunakan kemerdekaan dan menyambutnya sebagai estafet perjuangan.

"Mahasiswa sebagai agen of change, jangan asyik dengan diri sendiri. Mahasiswa harus kritis dan hebat," ujarnya.

Diwaktu yang sama Ketua Umum Formabas Falahudin menuturkan bahwa Banten Selatan itu memiliki kebudayaan yang unik dan berbeda dengan budaya lain dan dimiliki sejak jaman sebelum penjajahan dulu.

"Potensi yang ada di Bansel khusunya Lebak dan Pandeglang harus dikembangkan dan dimanfaatkan langsung oleh masyarakat ditengah ketatnya persaingan global. Ini peran mahasiswa," katanya. [dhn]

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

The ads will close in 10 Seconds