Mushaf Al Qur'an Al Bantani Segera Disempurnakan

Keamanan  SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 17:41:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Mushaf Al Qur'an Al Bantani Segera Disempurnakan

Ino S Rawita/RMOL

RMOLBanten. Lembaga Pengembangan Tilawat Qur’an (LPTQ) Banten menyelengarakan Seminar Mushaf Al Qur’an Al-Bantani di Aula Bappeda  KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (19/11).
Tujuan digelarnya seminar dalam rangka menyempurnakan mushaf Al Qur'an Al-Bantani. 
Penjabat Setda Banten Ino S Rawita membuka langsung seminar mushaf Al Quran Al Bantani, mengatakan seminar untuk menyempurnakan mushaf yang sudah ada.
 
Ino mengungkapkan bahwa kegiatan seminar ini merupakan implementasi program LPTQ Provinsi Banten pada tahun anggaran 2018, yang bertujuan  mengkaji, mereview dan membahas penulisan rasm Usmani pada mushaf Al Qur’an Al-Bantani yang telah diterbitkan sejak tahun 2011.

Hasil kajian kemudian akan diterapkan pada penerbitan mushaf pada tahun 2019 yang akan datang.
 
"Pada prinsipnya bacaan mushaf Al Qur’an Al-Bantani tidak ada kesalahan dan telah ditashih Lazna Kementrian Agama RI, pada kesempatan yang berharga ini mari kita curahkan hati dan pikiran kita untuk mendapatkan hasil yang terbaik terhadap penulisan mushaf al bantani sesuai dengan kaidah yang berlaku," katanya.
 
"kita sempurnakan mushaf Al Bantani ini dengan mengundang dari berbagai ahli,tokoh agama,FSPP, akademisi dan ketua lptq Kabupaten/Kota se Provinsi dan masyarakat," tambahnya.
 
Ino juga mengungkapkan, bahwa mushaf Al Bantani  merupakan karya yang luar biasa, yang di banggakan Provinsi Banten,

"Banyak dari provinsi lain berkunjung ke Banten untuk mempelajari pembuatan mushaf Al-Bantani ini. Dan kami mengharapakan agar mushaf Al Quran Al-Bantani ini bisa menyebar ke seluruh Banten bahkan ke nasional atau internasional," harapnya.
 
Ketua Panitia penyelenggara, Sibly Sarjaya dalam laporanya mengatakan, LPTQ  tahun ini menyelengarakan seminar dalam rangka untuk memperoleh masukan dan saran terkait dengan mushaf al qur’an al bantani.
 
"Pada tahun 2019 kita akan melakukan pencetakan mushaf al Bantani setelah kurang lebih tiga tahun tidak melakukan pencetakan,selanjutnya mushaf Al Qur’an Al Bantani tersebut akan di bagikan kepada masyarakat," katanya.
 
Saat ini, kata Sibly, masih ada masyarakat muslim di Banten yang belum memilii Al Qur’an. Ini dapat dilihat dari jumlah anggota keluarga.

"Misalkan anggota keluarganya lima mereka hanya mempunyai Al Qur’an tiga atau dua, mudah-mudahan dengan akan dicetaknya mushaf Al Qur’an Al-Bantani dan akan didistribusikan kepada masyarakat, kebutuhan Al Qur’an di Banten bisa di penuhi," ungkapnya.
 
Kata Sibly, ada sekitar 168 ayat yang rasmnya yang perlu diselaraskan dengan rasm Usmani.

"Bukan Al Qur’an nya yang dirubah, bukan artinya yang dirubah, bukan ayatnya yang di rubah tetapi hanya dari sisi penulisanya saja," ujar Sibly menjelaskan. [dhn] 


Komentar Pembaca
Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Surya Paloh Tidak Menegakkan UU Pers

Surya Paloh Tidak Menegakkan UU Pers

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Menpora Penasaran Siapa Pelapor Dahnil

Menpora Penasaran Siapa Pelapor Dahnil

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

MINGGU, 04 NOVEMBER 2018 , 08:39:00

Bengkel Motor Kasih Sayang

Bengkel Motor Kasih Sayang

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 17:16:00

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 18:47:00

The ads will close in 10 Seconds