Soal IMB Hotel Di Bibir Pantai, WH Tegas Akan Tinjau Ulang

Daerah  RABU, 05 DESEMBER 2018 , 22:19:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Soal IMB Hotel Di Bibir Pantai, WH Tegas Akan Tinjau Ulang

Wahidin Halim/Net

RMOLBanten. Gubernur Banten Wahidin Halim mengingatkan bupati dan walikota yang telah mengeluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) yang menyalahi aturan, termasuk bangunan permanen yang ada di area bibir pantai 50 meter agar ditinjau ulang.     

''Kan Perdanya masih dalam proses, belum jadi. Nanti minta pendapat LSM, stake holder, pemangku kebijakan, bupati/walikota. Kalau perda ini selesai, kita akan evaluasi," kata Wahidin Halim usai melantik Walikota dan Wakil Walikota Serang, di Banten Lama Kota Serang, Rabu (5/12)     

WH biasa disapa menjelaskan, bangunan hotel-hotel yang diduga melanggar garis sepadan pantai saat ini, seperti di Pantai Anyer memang sudah ada sejak masih Jawa Barat.

Sehingga jika Perda pesisir yang dibuat Pemprov Banten saat ini sudah selesai, akan dilakukan evaluasi dan penataan hotel-hotel yang barada di garis sepadan pantai dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.
''Pantai itu memang untuk ruang publik. Silahkan baca Undang-undang, pengusaha harus berikan ruang buat masyarkaat. Kalau memang melanggar kita akan bongkar," katanya.
       
Menurut WH setelah ada Perda pesisir dan juga Pergub mengenai penataan kawasan pantai tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi dan jika ada hotel melanggar garis sepadan pantai akan dibongkar.       

''Kalaupun mereka mengaku sudah memiliki IMB, kita tinjau ulang. Apakah mereka sesuai IMB atau tidak, " kata Wahidin.

Jika ternyata IMB untuk pembangunan hotel-hotel tersebut ada pelanggaran, kata dia, maka pihaknya akan membatalkan IMB tersebut.

''IMB lama kita tinjau ulang, apakah mereka sesuai imb atau  tidak, bisa dibatalkan IMB itu kalau melanggar," kata Wahidin.       

Dalam pelaksanaanya nanti, kata WH, tentunya akan melakukan kordinasi dengan pihak Kabupaten/Kota dan pemangku kepentingan, mengingat selama ini regulasi mengenai penataan pariwisata dan juga retribusi masuk ke Kabupaten/Kota. [dhn]


Komentar Pembaca
Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Surya Paloh Tidak Menegakkan UU Pers

Surya Paloh Tidak Menegakkan UU Pers

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Menpora Penasaran Siapa Pelapor Dahnil

Menpora Penasaran Siapa Pelapor Dahnil

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

Ban Lion JT-610 Tiba Di Jakarta

MINGGU, 04 NOVEMBER 2018 , 08:39:00

Bengkel Motor Kasih Sayang

Bengkel Motor Kasih Sayang

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 17:16:00

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

Keluarga TB Chasan Deklarasi Dukung Jokowi

SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 18:47:00

The ads will close in 10 Seconds