Soal Pembenahan Kawasan Pantai, Ini Kata Akademisi Untirta

Daerah  RABU, 05 DESEMBER 2018 , 22:29:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Soal Pembenahan Kawasan Pantai, Ini Kata Akademisi Untirta

Pantai Anyer/Net

RMOLBanten. Akademisi dari Untirta Serang, Rifki Ujianto mendukung langkah yang dilakukan Gubernur Banten Wahidin Halim soal wacana pembongkaran bangunan liar dan menyalahi aturan di bibir pantai. Baca: Soal IMB Hotel Di Bibir Pantai, WH Tegas Akan Tinjau Ulang

"Hanya perlu dicermati dalam aturan tersebut. Bangunan seperti apa yang masuk kategori ditertibkan. Sepakat bahwa "bangunan liar" wajib di tertibkan agar terlihat indah dan tertata lebih baik," katanya, Rabu (5/12).

Selain itu lanjut Rifki, selanjutnya penentuan titik nol meter-nya juga harus tepat, karena setiap tahunnya bibir pantai tergerus abrasi laut. Sehingga sempadan bangunan perlu ditinjau lebih konkret.

"Memang sangat ideal kalau area pantai bebas dari bangunan, karena area pantai adalah salah satu ruang terbuka publik yang menjadi tanggung jawab pemerintah," ujarnya.

Menurutnya, rujukan bangunan di pantai adalah negara-negara eropa, Kuta Bali, Pantai Pangandaran, Pantai Padang, dan sejumlah pantai di dalam negeri pun sudah menerapkan aturan.

"Contoh-nya dalam Perda Nomor 2 tahun 2008 tentang Bangunan dan Peraturan yang terdapat pada RDTR kawasan koridor Pandeglang-Saketi-Labuan Kabupaten Pandeglang dan arahan  spesifik mengenai pemanfaatan lahan di daerah sempadan pantai pada Keputusan Bupati Pandeglang tentang Kriteria Pemanfaatan Lahan Sempadan Pantai Kawasan Wisata Tanjung Lesung," terangnya.

Aturan tersebut mengatur hal-hal terkait luasan bangunan, koefisien bangunan,  ketinggian bangunan hingga set back bangunan terhadap garis sempadan sungai dan pantai. Dalam aturan itu, sempadan pantai tidak hanya 50 meter tapi hingga 100 meter. [ars]

Komentar Pembaca
Riset: Foto Cantik Memang Membantu Calon Di Pemilu
Anies Makin Berprestasi Makin Dicaci?

Anies Makin Berprestasi Makin Dicaci?

SENIN, 22 JULI 2019 , 17:36:29

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

KAMIS, 18 JULI 2019 , 21:59:37

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds