Jaga Lingkungan, Pemprov Tanam 15 ribu Pohon Di Pandeglang

Kabupaten Pandeglang  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 19:28:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Jaga Lingkungan, Pemprov Tanam 15 ribu Pohon Di Pandeglang

Andhika Hazrumy/Dedi

RMOLBanten. Sebanyak 15 ribu pohon ditanam di lahan seluas 15 hektar di area hutan Kampus Mathlaul Anwar, Pandeglang.  

Penanaman ribuan pohon sebagai upaya perbaikan lingkungan dilakukan Wakil Gubernur Banten Andhika Hazrumy yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Husni Hasan, Kamis, (6/12).

"Ini sebagai upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan, melalui konservasi tanah dan air. Serta reboisasi dan penghijauan. Sudah tidak dapat ditunda lagi," kata Andhika.

Menurut Andhika, program penanaman pohon akan berkontribusi terhadap tiga tujuan utama, yaitu mitigasi perubahan iklim dan polusi, perlindungan keanekaragaman hayati, dan mendukung kehidupan masyarakat.

"Dalam satu tahun, setidaknya dibutuhkan sekitar 96 pohon untuk menyerap jumlah CO2 yang dihasilkan oleh satu orang. Dengan menanam pohon yang tepat, dapat membantu menangkal hilangnya spesies sekaligus meningkatkan ketersediaan habitat bagi satwasatwa di hutan lokal,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Banten Husni Hasan mengatakan, dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Masyarakat kata Husni, memiliki hak dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
"Masyarakat semestinya memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan hidup sekaligus dapat menerapkan pengelolaan lingkungan hidup," pungkasnya. [ars] 

Komentar Pembaca
Senyum Usai PKB

Senyum Usai PKB

KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:22:00

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

SABTU, 27 APRIL 2019 , 17:29:00

Kemenangan Indonesia

Kemenangan Indonesia

SABTU, 20 APRIL 2019 , 00:27:00

The ads will close in 10 Seconds